Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Terjang Solok Selatan, Air dan Lumpur Genangi Rumah hingga 75 Cm

Kompas.com - 15/09/2017, 17:42 WIB

KOMPAS.com - Hujan deras menyebabkan banjir bandang terjadi dan menerjang empat jorong di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/9/2017) sekitar pukul 20.30 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, banjir bandang yang menerjang permukiman dan lahan pertanian disertai lumpur, kayu dan batu. Akibatnya, sebanyak 138 unit rumah rusak.

"Sejumlah rumah warga dipenuhi air dan lumpur hingga mencapai ketinggian 75 sentimeter. Tidak ada korban jiwa dari banjir bandang ini," katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (15/9/2017).

Namun ada sekitar 571 orang yang terdampak banjir bandang di Jorong Bancah Anak Lolo, Batang Lolo Atas, Batu Kulambai dan Batang Lolo. Sebanyak 42 KK mengungsi ke rumah saudaranya.

Saat ini, banjir bandang sudah surut. Alat berat dibutuhkan untuk membersihkan lumpur, dan membuka akses jalan yang tertutup material, selain itu juga peralatan mesin pemotong kayu.

Selain itu, warga terdampak juga membutuhkan makanan siap saji, air bersih, pakaian, alat-alat kebersihan, serta tenaga relawan membantu membersihkan lingkungan dan sanitasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com