Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Kambing Mati dalam 3 Hari, Diduga karena Hewan Buas

Kompas.com - 15/09/2017, 12:39 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Kejadian kambing kibas mati kembali terjadi di Malang, Jawa Timur, Jumat (15/9/2017). Kali ini, kejadian kambing mati itu terjadi di Komplek Perum Puri Dewata, Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Kambing itu milik Sunari (57). Ada tiga kambing yang dinyatakan mati. Sementara dua kambing lainnya selamat meski mengalami sejumlah luka di tubuhnya.

"Saya baru tahu pukul 5.30 WIB tadi. Kerugian sekitar Rp 4 juta," kata Sunari.

Sunari meyakini, ada kejadian misterius yang menimpa kambing-kambingnya. Sebab, tidak ada kerusakan yang terjadi pada kandangnya. Kandang itu dalam kondisi tertutup dan terkunci.

Anton, dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang mengatakan, kambing-kambing itu diduga diserang hewan buas.

"Kami menduga bekas gigitan dari hewan liar yang kita belum tahu hewannya apa. Dari tiga hewan yang meninggal tadi ada bekas gigitan," katanya.

Sementara itu, untuk kambing yang selamat diberikan obat antibiotik supaya luka-lukanya cepat sembuh.

"Kambing yang luka diberi antibiotik," katanya.

Sebelumnya, kejadian kambing kibas mati dengan kondisi yang sama terjadi di Dusun Ketangi, Desa Tegalgondo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang.

Dalam dua hari, kambing yang mati di lokasi itu sebanyak 22 ekor. Dengan demikian, kambing yang mati sebanyak 25 ekor dalam tiga hari berturut-turut. Lokasi antara Desa Tegalgondo dan Kelurahan Tunggulwulung berjarak sekitar tiga kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com