Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Banjarnegara Terjunkan Tim Kedaruratan ke Dieng

Kompas.com - 15/09/2017, 11:03 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara menerjunkan satu tim ke lokasi Kawah Sileri di Kompleks Dataran Tinggi Dieng, Jumat (15/9/2017).

Hal ini dilakukan menyusul kenaikan status yang diberikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari normal (Level I) menjadi waspada (Level II) pada Kamis (14/9/2017) pukul 23.00 WIB.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Banjarnegara, Arif Rachman mengatakan, pagi ini pihaknya akan menggelar rapat dengan jajaran SKPD termasuk Wakil Bupati Banjarnegara, untuk menindaklanjuti kenaikan status Kawah Sileri.

“Sedang kami rapatkan terkait langkah-langkah kedaruratan, termasuk pembentukan tim incident commander, SK darurat, dan rencana evakuasi warga Dusun Sekalam dan Desa Kepakisan, Kecamatan Batur,” tuturnya.

(Baca juga: Status Waspada, Wisatawan Dilarang Dekati Kawah Sileri Dieng)

 

Seperti diberitakan, Pos Pengamatan Gunung Api Dieng mencatat, sejak bulan Juni 2017 hingga 14 September 2017 pukul 22.30 WIB, telah terjadi 24 kali gempa tektonik jauh, 173 kali gempa tektonik lokal di mana dua kali terasa MMI IV dan satu kali terasa MMI II.

Lalu 51 kali gempa vulkanik dalam (VA), 10 kali gempa vulkanik dangkal (VB), 12 kali gempa Tornillo, 485 kali gempa embusan, satu kali gempa letusan, serta gempa tremor menerus.

Sementara suhu air Kawah Sileri sejak 8 Juli 2017 hingga 14 September 2017, pukul 22.30 WIB, menunjukkan peningkatan dari 90,7 derajat Celcius menjadi 93,5 derajat Celcius.

Begitu pula suhu tanah di Kawah Sileri menunjukkan peningkatan dari 58,6 derajat Celcius menjadi 69,4 derajat Celcius.

(Baca juga: Status Waspada, PVMBG Minta 1 Dusun di Kawah Sileri Dieng Diungsikan)

 

Sehubungan dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik di Kawah Sileri, PVMBG memperluas radius aman kawah Sileri dari 100 meter menjadi 1 kilometer.

Pasalnya potensi bahaya yang ditimbulkan oleh aktivitas Kawah Sileri adalah erupsi freatik, hujan lumpur, serta lontaran material lain dari dalam kawah.

“Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu terkait dengan aktivitas Gunung Api Dieng. Ikuti saja arahan dari petugas BPBD kabupaten masing-masing,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip.

Kompas TV Peringatan dini dan kampung siaga bencana akan ada di tiga kabupaten sekitar Dieng.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com