Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Peduli Rohingya di Gresik Undang Simpati Remaja Hingga Anak-anak

Kompas.com - 11/09/2017, 10:21 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Aksi peduli Rohingya juga terjadi di Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur. Puluhan massa, mulai dari orang dewasa, remaja, hingga anak-anak, ikut berpartisipasi dalam aksi solidaritas dan penggalangan dana.

Menurut koordinator aksi Nur Syamsu Dluha (34), selain orang dewasa, aksi simpatik yang digelar pada Minggu (10/9/2017), juga diikuti para pelajar dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Sekolah Dasar (SD).

“Pada dasarnya, kami hanya sounding saja dan memasang pemberitahuan, akan aksi solidaritas penggalangan dana untuk saudara kita di Rohingya. Tapi nggak tahunya, banyak remaja dan anak-anak ikut dan berpartisipasi, syukur alhamdulillah,” ujar Dluha, Senin (11/9/2017).

Puluhan massa yang menamakan dirinya Remaja Ujung Pangkah Peduli Rohingya tersebut, melakukan penggalangan dana kepada penduduk sekitar. Dana yang terkumpul hingga Minggu malam Rp 4,3 juta.

(Baca juga: Jamaat Gereja di Kebumen Turun ke Jalan Galang Dana untuk Rohingya)

 

"Aksi penggalangan dana akan terus kami lakukan hingga Jumat (15/9/2017), sebelum kami serahkan,” jelasnya.

Selain melakukan penggalangan dana langsung ke rumah-rumah penduduk maupun di beberapa tempat strategis, mereka juga menempatkan kotak amal di beberapa masjid yang ada di Kecamatan Ujung Pangkah.

“Pada hari Jumat itu pula, nantinya akan kami kumpulkan menjadi satu. Termasuk dari kotak amal di masjid-masjid itu, sebelum nantinya kita serahkan bersama-sama,” tutur dia.

Sementara itu, salah satu anak yang ikut aksi, Muhammad Ridho (11) mengaku cukup senang ikut berpartisipasi dalam agenda tersebut.

“Tidak apa-apa, untuk bantu saudara kita di Rohingya. Kemarin teman-teman juga banyak yang ikut, jadi senang aja,” tutupnya.

Kompas TV Jadi Sasaran Kejahatan Rasial, Warga Rohingya Mengungsi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com