Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 28 Juta dan Telapak Tangan Cinta dari Siswa SD untuk Rohingya

Kompas.com - 08/09/2017, 16:51 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Ratusan murid Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu di Makassar melakukan aksi solidaritas kemanusiaan untuk suku Rohingya di Myanmar dengan penggalangan dana dan aksi telapak tangan cinta di atas kain sepanjang 10 meter.

Aksi solidaritas kemanusiaan ini dilakukan ratusan murid SD terpadu ini di dalam lingkungan sekolah Ar Rahmah di kawasan Kompleks Universitas Hasanuddin, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Jumat (8/9/2017).

Hingga penggalangan dana berakhir, pihak sekolah berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 28.799.500. Dana ini terkumpul dari sumbangan guru-guru dan orangtua murid.

Kepala Sekolah SD Islam Terpadu Ar Rahmah, Jusria Kadir mengatakan, dana sumbangan yang terkumpul ini selanjutnya akan diserahkan ke Lembaga Kemanusiaan untuk disalurkan kepada warga Rohingya.

Aksi kemanusiaan ini dilakukan untuk meringankan beban warga Rohingya yang menjadi korban konflik di Myanmar.

"Aksi kemanusiaan ini dilakukan sebelum proses belajar mengajar berlangsung. Ini juga bagian dari pelajaran kepada murid tentang rasa kepedulian terhadap sesama sejak usia dini. Jadi bukan hanya penggalangan dana saja, tapi para murid juga mewarnai telapak tangan mereka dan membubuhkannya di atas kain," katanya.

Dana yang terkumpul terbilang cukup besar, lanjut Jusria, lantaran banyak bantuan dari orangtua murid. Pihak sekolah terlebih dahulu menyurati orangtua murid tentang kegiatan kemanusiaan untuk Rohingya.

"Ada dana dari orangtua murid, guru-guru, dan ada juga dari murid sendiri yang menyisihkan uang jajannya maupun tabungannya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com