Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Kiai Kampung Dukung Koalisi Naga di Pilkada Jatim

Kompas.com - 05/09/2017, 18:43 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kelompok Kiai Kampung menyebut pasangan calon gubernur dan dan calon wakil gubernur paling ideal di Pilkada Jatim tahun depan adalah pasangan calon yang diusung PKB dan PDI-P. Mereka menyebut koalisi dua partai itu sebagai koalisi naga.

"Koalisi paling ideal adalah koalisi naga. Naga hijau dan naga merah," ujar Ketua Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur, Fahrur Rozi, Senin (5/9/2017).

Dia menjelaskan, naga hijau direpresentasikan sebagai cagub dalam hal ini Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (Wagub Jatim). Sementara naga merah sebagai cawagub adalah Budi Sulistyono (Bupati Ngawi).

Naga hijau dan merah juga merepresentasikan kekuatan politik kultur masyarakat Jatim. "Kultur politik masyarakat Jatim adalah religius dan nasionalis," jelasnya.

(Baca juga: Ikuti Pilihan Kiai, PKS Mungkin Dukung Gus Ipul di Pilkada Jatim)

 

Dalam waktu dekat, sambung dia, kelompok kiai kampung akan mendatangi kantor DPD PDI-P Jatim untuk menyampaikan aspirasi dukungan. Diharapkan, elit PDI-P bisa memikirkan pasangan tersebut untuk diusung dalam Pilkada Jatim 2018 nanti. 

Kompas TV Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah menyaring dua nama yang akan diusung di pemilihan Gubernur Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com