Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Berenang, Ahusat Terpaku Melihat Istrinya Tewas Tenggelam

Kompas.com - 04/09/2017, 20:51 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

SOE, KOMPAS.com - Ahusat Baunsele (39), warga Oenasi, Kelurahan Nonohonis, Kecamatan Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), tak mampu berbuat apa-apa tatkala melihat sang istri Meri Meriana Lasa (27) tenggelam. 

Meri tewas tenggelam di Embung Sonabesa, Dusun D, Desa Tubuhue, Kecamatan Amanuban Barat, TTS, Senin (4/9/2017) subuh sekitar pukul 3.00 Wita. Saat Meri tenggelam, Ahusat hanya terpaku karena tidak mampu berenang untuk menyelamatkan istrinya.

"Pada pukul 04.30 Wita, anggota Polres TTS memeroleh informasi dari ketua RT 16 Desa Tubuhue Ibrahim Nubatonis, bahwa ada warga yang tenggelam di Embung Sonabesa, sehingga anggota pun turun ke lokasi," ujar Kabid Humas Polda NTT Kombes Jules Abraham Abast.

Anggota Polres TTS bersama warga melakukan pencarian dan baru menemukan jasad Meri beberapa jam kemudian. Jasad Meri kemudian dibawa ke rumah sakit setempat untuk divisum dan otopsi.

(Baca juga: Seorang Pria Tewas Tenggelam saat Cuci Jeroan Kambing Kurban di Sungai)

Menurut keterangan Ahusat, lanjut Jules, saat itu mereka menginap di rumah orangtua Meri. Tepat pukul 03.00 Wita, korban Meri keluar dari rumah. Saat keluar rumah, Meri berteriak-berteriak lalu bernyanyi.

Hal itu diketahui oleh Ahusat, sehingga sang suami berusaha mencegat agar tidak keluar rumah. Usaha Ahusat tidak dihiraukan oleh Meri yang terus berlari menuju Embung Sonabesa, yang jaraknya cukup dekat dengan rumah orangtua Meri.

Saat berada di embung, Ahusat meminta istrinya untuk tidak masuk ke dalam embung. Namun kembali tak dihiraukan. Bahkan Meri langsung meloncat masuk ke dalam embung.

"Karena suaminya tidak bisa berenang, sehingga ia pun hanya berteriak sambil meminta tolong ke tetangga sekitar embung, namun tidak ada tetangga yang mendengar," tutur Jules.

Ahusat kemudian berlari kembali ke rumahnya dan memberitahukan kepada orangtua dan kerabat serta tetangganya yang selanjutnya mendatangi embung. "Saat ini jenazah Meri berada di rumah sakit dan telah dilakukan otopsi oleh dokter," tutupnya.

Kompas TV Berniat Liburan dengan Memancing, Pria Ini Tewas Tenggelam
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com