Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Puluhan Orang untuk Robohkan Sapi Kurban Jokowi Seberat 1,1 Ton

Kompas.com - 02/09/2017, 20:30 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Sapi kurban berbobot 1,1 ton yang dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 60 juta dari peternak di Desa Campurjo, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat dipotong di halaman Masjid Merdeka Wonomulyo, Jumat sore (1/9/2017).

Ratusan warga desa ikut mengantar sapi kurban tersebut ke tempat pemotongan. Sapi yang diberi nama Kliwon ini masih sempat diberi makan oleh Saiman, sang pemilik sebelumnya.

Untuk merobohkan dan memotong sapi unggulan ini, warga butuh waktu sekitar satu jam lebiha.

Perasaan sedih terlihat jelas diwajah Saiman, beberapa saat sebelum ia melepas sapi kesayangannya untuk diserahkan ke panitia kurban.

Kendati berat melepaskan sapinya, Saeman mengaku ikhlas lantaran yang menbelinya bukan orang biasa.

Sebelum digiring ke tempat penyembelihan, sang pemilik sapi Saiman terlihat membacakan doa kepada sapinya. Ia terlihat sedih melihat sapi kesayangannya akan segera disembelih.

(Baca: Saat Akil Mochtar Berpose Ikut Sembelih Sapi di Lapas Sukamiskin)

Saiman hanya minta kepada panitia kurban agar kulit sapi miliknya bisa diabadikan dengan cara dikeringkan sebagai kenang-kenangan.

"Perasaan saya sedih, tapi saya ikhlas karena sapinya dipakai untuk kurban," tutur pria yang telaten memijiti sapinya itu dengan mata berkaca-kaca.

Sekitar pukul 17.00, sapi milik Saiman dilepas dan diserahkan ke panitia hewan kurban. Sapi dengan bobot 1,1 ton ini diangkut menggunakan sebuah mobil truk.

Proses penyembelihan berlangsung lama, sebab butuh puluhan orang untuk merobohkan sapi raksasa tersebut. Penyembelihan ini pun menjadi tontonan warga yang memadati kompleks Masjid Merdeka Wonomulyo.

Usai disembelih, daging sapi Presiden kemudian dikumpulkan untuk ditimbang berapa bobot dagingnya.

Ketua panitia Alimuddin mengatakan, tahun ini panitia masjid Merdeka memotong 14 ekor hewan kurban, termasuk sapi Presiden Jokowi. Diakui panitia, jumlah ini menurun sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 15 ekor.

"Tahun lalu sebanyak lima belas ekor, tahun ini hanya empat belas ekor." Kata Alimuddin.

Sebanyak 900 kupon telah dibagikan oleh panitia. Setiap kupon ditukarkan dengan paket yang berisi satu kilo gram daging kurban. Pembagian daging sapi Presiden ini akan disalurkan kepada warga kabupaten Polewali Mandar.

Kompas TV Sapi ini menjuarai lelang dan dibeli pada angka Rp 125 juta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com