Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maju Pilkada, Marwan Ingin Naikkan Martabat Warga Jateng

Kompas.com - 31/08/2017, 09:27 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Bakal calon gubernur Jawa Tengah Marwan Jafar menilai, Jateng masih tertinggal jauh dari provinsi tetangga. Jateng harus dapat berbenah agar dapat mengejar ketertinggalan dari Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

"Jateng ini kan dalam segi apapun kalah dari Jabar, Jatim apalagi DKI. Ini harus angkat derajat dan martabat warga Jateng," kata Marwan saat ditemui di Undip Semarang, Rabu (30/8/2017) kemarin.

Marwan mengaku prihatin atas kondisi tersebut. Ia menilai ketertinggalan Jateng dari provinsi tetangga misalnya soal tingginya angka kemiskinan dan pengangguran. Kemisikinan di Jateng, menurut dia, tertinggi kedua di Indonesia.

Berbekal keprihatinan itulah Marwan memantapkan niatnya untuk maju ke Pilkada Jawa Tengah 2018.

Baca juga: Dipasangkan dengan Sudirman Said, Marwan Bilang Berkawan dengan Pak Dirman

Selain itu, sebagai putra daerah, dia mengaku terbebani jika tidak ikut membesarkan Jateng.

"Saya punya kewajiban secara moral dan institusional mengangkat martabat Jawa Tengah," kata mantan menteri desa tersebut.

Marwan sendiri ingin agar dua sektor tersebut, baik kemiskinan dan pengangguran, dibenahi secara serius. Harus ada terobosan kebijakan untuk mempercepat pengentasan kemiskinan.

"Saya sebagai orang yang lahir di Jateng, secara moral juga pengurus partai, pengurus organisasi Islam terbesar di Indoensia, punya kewajiban secara moral dan institusional mengangkat martabat," ujarnya.

"Kalau Jateng diisi itu-itu terus, berasal dari itu-itu terus, saya yakin gak akan maju, butuh perubahan signifikan di Jateng," paparnya.

Marwan sendiri dipastikan akan diusung PKB di Pilkada Jawa Tengah mendatang.

Baca juga: PKB: Hanya Marwan untuk Jateng 1

Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar terang-terangan ingin menduetkan Marwan dengan Sudirman Said. Bahkan Cak Imin memberikan akronim "Magadim" atau Marwan Gandeng Dirman" untuk rencana tersebut.

Kompas TV PKB Pastikan Usung Saifullah Yusuf Pilgub Jatim 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com