Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Polltrend: Gus Ipul Cagub Jatim Favorit Kiai

Kompas.com - 30/08/2017, 16:36 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Saifullah Yusuf (Gus Ipul) disebut cagub Jatim favorit para kiai atau ulama dalam Pilkada Jatim 2018. Dalam survei yang digelar khusus dengan responden para kiai elektabilitas Gus Ipul mengalahkan rival beratnya, Khofifah Indar Parawansah.

Ada 61 responden kiai yang tersebar di empat wilayah kultur di Jatim yakni Pendalungan, Arek, Madura, dan Mataraman. Ke-61 kiai tersebut dipilih melalui FGD, dan dikategorisasi menurut pengertian Profesor Riset LIPI, Endang Turmudi.

"Menurut Endang Turmudi, ada 4 tipologi kiai di Jatim yakni kiai panggung, kiai pesantren, kiai politik, dan kiai tarekat," kata Direktur Polltrend Education and Research, Khoirul Yahya, Rabu (30/8/2017).

Hasil survei yang dikerjakan sepanjang Juni-Juli 2017 itu menyebutkan, elektabilitas Gus Ipul mencapai 72,1 persen, sementara Khofifah Indar Parawansah hanta 16,4 persen, disusul Halim Iskandar sebesar 3,3 persen diperingkat ketiga. "Selisihnya mencapai 55 persen, bisa dibilang cukup tinggi," ujarnya.

Baca juga: Kiai Kampung Minta Soekarwo Usung Birokrat sebagai Cawagub Jatim

Di aspek popularitas, kedua tokoh Nahdatul Ulama itu selisihnya tidak begitu signifikan. "Popularitas Gus Ipul mencapai 100 persen, sementara Khofifah 93,4 persen," ucapnya.

Khoirul meyakini, hasil surveinya paling tidak mendekati gambaran pilihan warga Jatim di Pilkada 2018, karena figur kiai di Jatim masih menjadi referensi politik dan sumber opini bagi masyarakat Jatim yang merupakan basis pesantren.

”Sekitar 70 persen masyarakat Jatim terafiliasi atau merasa dirinya warga NU. Jadi penting untuk mengetahui sikap para kiai sebagai pembentuk opini warga,” ujarnya. 

Kompas TV Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam waktu dekat akan menghadap Presiden Joko Widodo, untuk menyatakan niatnya maju di Pilkada Jatim 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com