Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD: Empat Kabupaten/Kota di Jabar Siaga Darurat Kekeringan

Kompas.com - 29/08/2017, 16:10 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menetapkan status siaga darurat kekeringan di empat kabupaten/kota di Jawa Barat yaitu Sukabumi, Cianjur, Karawang, dan Kota Banjar.

Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dicky Saromi mengungkapkan, indikator kekeringan di empat kabupaten/kota tersebut di antaranya adalah sulitnya warga mendapatkan air bersih dan sebagian dampaknya juga sudah terasa ke sektor pertanian.

"Sementara ini baru empat kabupaten (dari 27 kabupaten), jadi tidak sampai semua daerah," jelas Dicky saat ditemui di sela-sela kegiatan simulasi penanganan kebakaran yang digelar Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut di Pendopo Garut, Selasa (29/8/2017).

Menurut Dicky, musim kemarau menjadi pemicu utama kekeringan. Selain itu, ancaman lain yang juga sering terjadi pada musim kemarau adalah kebakaran, termasuk kebakaran hutan.

(Baca juga: Kekeringan di Semarang Meluas, 200.000 Liter Air Bersih Disalurkan)

Dari informasi yang diperolehnya, puncak musim kemarau diperkirakan terjadi pada Agustus hingga September. Ia berharao, bulan Oktober, hujan sudah turun. 

Kompas TV Kekeringan sumber mata air dialami warga di Ponorogo, Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com