Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Cek Kesiapan Karnaval Kemerdekaan Menggunakan Sepeda

Kompas.com - 26/08/2017, 10:02 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengecek kesiapan Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (26/8/2017), sekitar pukul 08.00 WIB. Dengan menggunakan sepeda, pria yang akrab disapa Emil itu menyusuri rute arak-arakan.

Emil sempat meninjau kawasan Jalan Diponegoro yang menjadi titik awal karnaval. Di lokasi itu, Presiden Joko Widodo akan berpidato serta membuka rangkaian HUT ke-72 RI.

Di tengah perjalanan, Emil bertemu Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, dan bersama-sama mengecek persiapan pembuatan panggung acara dan skema pengamanan.

"Saya bersama Pak Teten mangecek kesiapan. Selalu ada satu, dua hal-hal teknis yang luput atau kurang sempurna. Itulah kenapa dalam sebuah kegiatan kami selalu turun. Mudah-mudahan lancar, antusiasme warga juga sangat tinggi dan Insya Allah ini jadi acara paling sukses yang bisa kami selenggarakan," ungkap Emil.

"Kami bagi-bagi tugas ini kan acara pemerintah pusat, Kota Bandung hanya membantu. Saya hanya memastikan di jalan keramaian spanduk, umbul-umbulnya juga baik, saya kira sudah fotogenik," ujarnya.

(baca: Pemain Persib Akan Ramaikan Karnaval Kemerdekaan di Bandung)

Dari pantauan Kompas.com, persiapan terus dilakukan panitia dan Pemkot Bandung. Rute karnaval telah disapu mobil penyapu. Puluhan petugas kebersihan juga dikerahkan.

Selain itu, ratusan petugas keamanan dari unsur TNI dan kepolisian juga telah disebar di seluruh rute karnaval.

Setelah meninjau kawasan Jalan Diponegoro, Emil kemudian mengecek pembuatan panggung di Taman Vanda yang nantinya dijadikan titik pemberhentian Presiden Joko Widodo. Emil mengungkapkan, penutupan jalan akan diberlakukan mulai pukul 11.00 dan berharap masyarakat bisa menyesuaikan.

"Masyarakat mohon menyesuaikan, Dishub juga sudah menyosialisasikan rute alternatif untuk warga dan wisatawan. Tolong hindari area-area di jalur utama karnaval. Kalau bisa berjalan kaki untuk melihat, parkir bisa di zona agak jauh dari lokasi karnaval," ujar Emil.

(baca: Ini Alasan Bandung Dipilih Jadi Tuan Rumah Karnaval Kemerdekaan)

Kompas TV Demi mengentaskan kemiskinan di Kota Bandung, Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung akan meluncurkan Program Masjid Sejahtera.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com