Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siapkan Rp 868 Miliar untuk Pertemuan IMF-World Bank

Kompas.com - 25/08/2017, 20:18 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia menyiapkan dana Rp 868 miliar untuk menyukseskan acara International Monetary Fund (IMF)- World Bank Annual Meeting tahun 2018.

Kegiatan ini rencananya digelar pada Oktober tahun 2018 mendatang di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut perhelatan yang akan dihadiri 15.000 peserta dari 189 negara itu tersebut. Pemerintah pun telah menyiapkan dana sebesar Rp 868 miliar.

Baca juga: Jokowi Tunjuk Luhut Pandjaitan Urus IMF-WB Annual Meeting 2018

Hal ini dikatakan Ketua Panitia Nasional AM IMF-World Bank Annual Meeting Tahun 2018, Luhut Binsar Panjaitan seusai rapat kordinasi persiapan pertemuan tahunan IMP-World Bank di Nusa Dua, Bali, Jumat (25/8/2018).

"Dana yang kita anggarkan Rp 868 miliar. Dari jumlah itu yang telah dikucurkan Rp 555 miliar untuk infrastruktur," kata Luhut.

Selain itu, Luhut menyebut ada pula pengeluaran sebesar Rp 243 miliar yang digunakan untuk menyewa hotel bagi delegasi yang akan hadir.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, anggaran sebesar itu diambil dari APBN tahun 2018 senilai Rp 600 miliar dan dana talangan dari Bank Indonesia Rp 256 miliar. Dana dari APBN tersebut digunakan untuk membeli produk-produk dari pengusaha lokal.

"Ruangan pertemuan hotel di Nusa Dua nanti akan direnovasi seperti kantor selama satu minggu. Nanti produk-produk perkantoran ya semua dari lokal. Furnitur, suplai makanan, semua dari dalam negeri," papar dia.

Baca juga: Jokowi Ingin Sidang IMF-WB 2018 Jadi Ajang Pamer Kemajuan Ekonomi RI

Setelah berlangsungnya acara, produk-produk dan peralatan yang sudah digunakan akan disumbangkan ke pihak yang membutuhkan.

"Komputer misalnya, setelah acara akan disumbangkan ke sekolah-sekolah," kata Sri Mulyani.

Kompas TV Arti Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Bank Dunia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com