Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Idhul Adha, Takmir Masjid Dilatih Cara Menyembelih Hewan Kurban

Kompas.com - 25/08/2017, 18:50 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Menjelang hari raya Idul Adha, Dinas Pertanian Kota Surakarta menggelar pelatihan menyembelih hewan kurban.

Pelatihan diikuti sejumlah takmir masjid dan petugas penyembelihan serta lembaga yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Baca juga: Dilarang Jualan Hewan Kurban di Trotoar

Dalam pelatihan itu, peserta diberi pedoman tata cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar. Cara sembelih yan benar akan mendapatkan daging yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

"Pelatihan memang diperuntukan bagi petugas sembelih yang berada di masjid dan juga instansi. Selama ini masih banyak warga yang belum menerapkan penyembelihan yang sesuai dengan prinsip ASUH," kata Weny Ekayanti, kepala Dinas Pertanian Kota Surakarta, Jumat (25/8/2017).

Pelatihan digelar di lokasi penampungan sapi Dinas Pertanian Surakarta di Jebres, Solo.

Pelatihan penyembelihan hewan kurban, menurut Weny, dimulai dengan cara memilih hewan kurban. Mengenali hewan yang cukup umur harus pertama kali dilakukan, kemudian memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban.

"Setelah cukup umur dan sehat, kita juga beri pelatihan bagaimana cara untuk menjamin kesejahteraan, penyediaan tempat penyembelihan yang layak, hingga pengambilan daging yang benar," kata Weny.

Baca juga: Permintaan Hewan Kurban di Tingkat Peternak Menurun

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Muhammad, mengaku sangat terbantu dengan pelatihan tersebut.

"Sangat membantu, khususnya untuk mengenali hewan kurban sapi, dan cara memisahkan daging dengan benar agar dapat daging yang sehat," kata Muhammad, Jumat.

Kompas TV Kenaikan harga hewan kurban terutama sapi di Pasar Patok, Lumajang, Jawa Timur, terjadi sejak sebulan terakhir.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com