Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Terbang Kedua Pesawat N219 Batal Dihadiri Menteri

Kompas.com - 23/08/2017, 10:00 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia (DI) kembali melakukan uji terbang (flight test) pesawat N219 di Landasan Pacu Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Rabu (22/8/2017).

Uji coba kedua tersebut dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-41 PT DI. Uji terbang pesawat N219 sejatinya disaksikan sejumlah menteri. Namun para menteri mendadak tak bisa hadir lantaran harus menghadiri rapat bersama Presiden.

Meski begitu, acara tetap dilanjutkan dengan kehadiran Kepala LAPAN beserta Direktur Jenderal dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Ristek Dikti, dan Kementerian BUMN.

"Pilotnya masih Kapten Esther Gayatri Saleh," ujar salah seorang petugas Humas PT DI, Harry Harjoyo.

(Baca juga: PT DI Beberkan Keunggulan Pesawat N219)

 

Agenda uji terbang N219 tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Lepas landas dilaksanakan pukul 9.03 WIB. Uji terbang berlangsung mulus. Para pegawai PT DI yang hadir tampak antusias. Mereka tak lupa mengambil gambar lewat gawainya saat N219 mengangkasa.

Tepat sepekan sebelumnya, pesawat N219 hasil pengembangan riset PT DI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjalani uji terbang dengan mulus.

Pesawat karya anak bangsa tersebut lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, sekira pukul 09.15 WIB dan berputar-putar di langit Bandung dan mendarat sekitar pukul 10.00 WIB.

Kapten penerbang Esther Gayatri Saleh menjadi pilot utama dalam uji terbang tersebut didampingi kopilot Kapten penerbang Adi Budi Atmoko.

(Baca juga: Uji Coba dengan Pilot Perempuan, Pesawat N219 Terbang Mulus)

Disiagakan pula dua orang flight test engineer yang bertugas memastikan setiap tahapan pengujian terbang dilaksanakan dengan baik dan terjamin keselamatannya.

"Tes flight ini dilakukan setelah kita melakukan berbagai tes dan persiapan," kata Asisten Khusus Pengembangan Pesawat Terbang PT D Andi Alisjahbana di sela uji terbang, Rabu siang. 

Kompas TV Pesawat Karya Anak Bangsa N219 Mengudara
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com