Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Arisan "Online" Mama Laura Ada yang Setor hingga Rp 25 Juta

Kompas.com - 22/08/2017, 21:12 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Korban arisan online Mama Laura di Kota Probolinggo, Jawa Timur, ternyata banyak. Itu setelah 12 warga mendatangi Polresta Probolinggo untuk melaporkan Purwati, pemilik arisan online, Selasa (22/8/2017) sore. Korban ada yang menyetor uang arisan sebesar Rp 25 juta.

Mereka diterima Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurizal di ruang eksekutif. Pertemuan berlangsung tertutup. Ke-12 pelapor terdiri dari 11 wanita dan seorang laki-laki. Satu jam kemudian, korban menjalani pemeriksaan di ruang penyidikan.

Seorang korban mengatakan, dirinya tertarik bergabung karena akrab dengan Mama Laura alias Purwati. Purwati menjalankan arisan online tanpa potongan, sehingga banyak warga yang kepincut.

“Saya sendiri dekat dengan Purwati sejak bisnis katering. Uang yang saya setorkan ke arisan Rp 1 juta. Tapi ada anggota arisan yang setor hingga Rp 25 juta per orang. Kasihan,” katanya.

Baca juga: Tertipu Arisan Online, Ibu-ibu Laporkan Mama Laura

Sementara itu Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurizal mengatakan, dari hasil penyelidikan, arisan online tersebut dikuti oleh 10 grup dengan peserta sedikitnya 10 orang per grup. Selain undian bulanan, ketua arisan juga menggunakan paket undian mingguan dengan sistem lotre dan lelang.

“Uang hasil arisan ini dilelang. Dari proses lelang inilah, pelaku mendapatkan keuntungan, selain uang arisan nasabah yang ia bawa kabur. Hingga saat ini sudah 14 pelapor yang mengadu ke polisi. Rencananya petugas akan memanggil kembali pelapor serta memeriksa rumah pelaku. Kami minta korban kooperatif untuk memudahkan penyelidikan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah ibu-ibu di Kota Probolinggo, Jawa Timur, ditipu arisan via online. Penerima uang arisan kini kabur. Selain rumahnya kosong, akun Facebooknya juga tidak aktif. Karena itu, ibu-ibu yang menjadi korban melapor ke Polresta Probolinggo. 

Kompas TV Korban Arisan Bodong Melapor ke Polisi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com