Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Timika ke Tembagapura Setelah Penembakan dan Kerusuhan di Freeport

Kompas.com - 20/08/2017, 14:36 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com - Sehari setelah kerusuhan di Timika, Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar memastikan konvoi kendaraan karyawan dari Timika ke Tembagapura mau pun sebaliknya terus berjalan dan tidak terganggu.

Sebelumnya, di kawasan itu terjadi kasus penembakan di Mil 60 pada Kamis (17/8/2017) dan aksi non-karyawan yang berujung rusuh di sekitar Check Point Mil 28 Timika pada Sabtu (19/8/2017) kemarin.

"Kami pastikan semuanya berjalan normal, tidak ada masalah. Sudah tidak ada lagi jalan yang diblokade," kata Boy Rafli di Timika, Minggu (20/8/2017).

Mengenai kasus penembakan, Boy menyatakan pihaknya telah mengidentifikasi penembak kendaraan PT Freeport Indonesia di ruas jalan utama tambang Mil 60, Distrik Tembagapura, Mimika, Kamis lalu.

"Kelompok yang melakukan penembakan sudah kita identifikasi. Kami sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dan sudah menginvestigasi kasus ini," kata dia.

Baca: Mobil Operasional Freeport Ditembak, Seorang Anggota Brimob Luka

Boy mengatakan, pelaku penembakan di area Freeport memiliki senjata api dan diduga terlibat dalam serangkaian aksi teror penembakan terhadap kendaraan PT Freeport.

"Patut diduga ada kaitan dengan peristiwa-peristiwa sebelumnya. Kami sudah punya data-data mereka. Mereka memang selalu bergerak di antara bukit-bukit yang berada di sekitar Mil 60 sampai Mil 68. Mereka juga beroperasi di antara Kali Kabur," ucap Boy.

Ia belum bisa menyebut secara rinci identitas kelompok kriminal bersenjata yang sering membuat teror penembakan di area PT Freeport tersebut dan belum bisa memastikan apakah kelompok tersebut terkait jaringan KKB pimpinan Ayub Waker.

"Kami belum bisa sebutkan. Tentu tinggal menunggu waktunya saja," kata dia.

Penembakan terjadi di ruas jalan utama tambang yang menghubungkan Timika-Tembagapura pada Kamis (17/8) terhadap kendaraan roda empat PT Freeport tepat di Mil 60, melukai satu anggota Brimob Polda Riau dan menyebabkan kerusakan beberapa bagian mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com