Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Penyandang Disabilitas Ikuti Pelatihan Darurat Bencana

Kompas.com - 20/08/2017, 07:42 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis


SOLO,KOMPAS.com - Penyandang disabilitas di Kota Solo mengikuti pelatihan kedaruratan yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Solo. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih penyandang disabilitas menjadi tenaga non medis yang dibekali pengetahuan penanggulangan kedaruratan seperti henti jantung, henti nafas, pingsan, tersedak dan patah tulang.

Pelatihan dilaksanakan di Taman Balekambang pada hari Sabtu (19/8/2017). Sebanyak 20 penyandang disabilitas antusias mendengarkan instruksi dari pemateri.

"Kami berharap mereka menjadi awam khusus, sebutan bagi tenaga non medis yang memiliki pengetahuan tentang kondisi dan situasi kedaruratan. Bagi warga dengan keterbatasan tuna daksa, minimal bisa menolong diri sendiri. Syukur kalau bisa menolong orang lain," kata Kepala Bagian Penanggulangan Bencana PMI Solo, Arina Hidayati, di lokasi pelatihan.

Arina menjelaskan, dalam kondisi darurat, seperti saat terjadinya bencana alam, penyandang disabilitas yang mengikuti pelatihan diharapkan bisa membantu korban bencana, termasuk korban bencana yang menyandang disabilitas.

"Dari pelatihan ini, nanti teman-teman juga bisa membantu rekan yang juga menyandang disabilitas," ujar Arina.

Selain pelatihan kedaruratan, peserta juga mendapat pelatihan pengolahan air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surakarta. Pelatihan tersebut diberikan agar warga penyandang disabilitas mampu mengolah air sungai menjadi air layak minum, dan berguna misalnya saat terjadi banjir.

(baca: Kisah Mukhlis Penyandang Disabilitas yang Kayuh Sepeda Puluhan Kilo Jual Telur Asin demi Orangtua)

Kompas TV Bengkel Modifikasi Motor Roda 3 untuk Kaum Difabel
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com