Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Gunungkidul, SBY Beli Sego Berkat untuk Dibawa Pulang ke Pacitan

Kompas.com - 18/08/2017, 18:38 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, mampir ke Gunungkidul, Yogyakarta, untuk menikmati kuliner tradisional sego berkat.

Seperti yang dilakukan Jumat (18/8/2017). SBY dan rombongan mampir ke Rumah Makan Bu Tiwi Tan Tlogo di jalan Wonosari-Semanu Km 3,5, Mijahan, kecamatan Semanu.

"Beliau sangat suka dengan menu sego berkat, ini menjadi makanan yang selalu dipesan oleh beliau," kata pemilik Rumah Makan Bu Tiwi Tan Tlogo, Sunyoto, Jumat.

Baca juga: Pulang Kampung, SBY Mampir di Gunungkidul Bertemu Tokoh Masyarakat

Selain sego berkat, SBY dan rombongan memesan sayur brongkos, daun pepaya, ayam kampung goreng, empal sapi, hingga tempe kedelai goreng. Tempe goreng dinikmati bersama sambel bawang.

Seusai makan siang, SBY menikmati teh poci menggunakan gula batu.

"Beliau suka tempe kedelai, sempat membungkus beberapa untuk dibawa pulang ke Pacitan," imbuh dia.

SBY bersama Ani Yudhoyono dan putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono menikmati makan siang dengan menu tradisional. Kedatangan SBY sudah dua kali. Sebelumnya, pada 2015 SBY sempat mudik ke Pacitan, Jawa Timur.

"Kami bersyukur, rumah makan kami masih diingat oleh beliau," imbuh dia.

Perlu diketahui, SBY dan rombongan datang ke rumah makan Bu Tiwi tan Tlogo sekitar pukul 11.00 WIB.

Baca juga: Pertemuan Megawati-SBY, Kado Manis Kemerdekaan RI

Lalu SBY dan rombongan berjumlah sekitar 8 mobil melaksanakan shalat Jumat di Masjid Al Kautsar, yang berada tak jauh dari rumah makan. SBY dan AHY sempat bertemu dengan beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat, dukuh, ketua RT dan RW Mijahan, pengurus MUI Kecamatan Semanu, Forum Lintas Iman, KNPI, dan pengurus Muslimat NU.

Seusai berdialog, SBY kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pacitan yang merupakan kampung halaman SBY sekitar pukul 12.30 WIB.

Kompas TV Presiden Joko Widodo berhasil mengumpulkan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden ke- 5 Megawati Soekarnoputri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com