Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Yudha Pratomo M
Dosen

Penulis adalah dosen di jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya.

Palembang dan Tantangan Bonus Demografi

Kompas.com - 18/08/2017, 11:39 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorLatief

KOMPAS.com - Pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia secara tegas menyatakan bahwa "Kemerdekaan adalah hak segala bangsa". Artinya, secara de facto dan de jure Negara Indonesia merdeka dan berumur 72 tahun.

Sebagai bangsa yang sudah berjalan lebih dari setengah abad, Indonesia telah mengalami dan melewati berbagai rintangan dan problematika yang tidak sedikit. Dan, salah satu isu yang harus menjadi perhatian untuk menjawab tantangan kemerdekaan itu adalah bonus demografi.

Ledakan penduduk adalah salah satu isu paling penting saat ini dan harus mendapatkan prioritas pembahasan, terlebih isu ini akan sangat berkaitan langsung dengan pengembangan sumber daya manusia, terutama generasi muda Indonesia di masa akan datang.

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pada 2020-2030 nanti Indonesia akan memasuki era ledakan penduduk usia produktif (15-64 tahun) yang mencapai 70 persen.

Artinya, Indonesia akan memiliki anak-anak muda yang melimpah di era 2020-2030 tersebut. Di satu sisi, ini bisa menjadi masalah ke depan, namun di sisi lainnya ini bahkan menjadi potensi luar biasa bagi bangsa Indonesia.

Lalu, bagaimana menjadikan ini sebagai potensi yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan negara ini?

Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam sambutannya saat memperingati 39 tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia tahun lalu menyatakan bahwa Indonesia memiliki keuntungan berkat demografi penduduk muda yang bisa menjadi source of growth atau sumber pertumbuhan.

Itu menjadi catatan penting, terutama jika kita bisa memanfaatkan ledakan jumlah anak muda secara signifikan. Maka, tak tertutup kemungkinan Indonesia akan menjadi negara maju ke depannya.

Kita tahu, setelah reformasi pada 1998 silam, sistem pemerintahan Indonesia telah berubah menjadi lebih demokratis dan terbuka. Kewenangan yang dulu terpusat, melalui UU No 22 tahun 1999 (sekarang UU No 12 tahun 2008) tentang otonomi atau pemerintahan daerah telah ditetapkan bahwa tiap daerah di Indonesia punya kewenangan lebih untuk mengatur daerahnya sendiri.

Itu artinya, kesempatan masyarakat daerah untuk berpartisipasi menjadi lebih terbuka. Kini, tingga cara masing-masing pemerintah melakukan inovasi dan kreatif membangun dan memajukan derahnya masing-masing.

Inisiatif Palembang

Salah satu kota yang cukup agresif dalam pembangunan adalah Kota Palembang. Sebagai satu dari dua kota yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan 18th Asian Games 2018, "kota pempek" ini sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur dan prasarana untuk menyambut ajang empat tahunan pada level negara-negara Asia tersebut.

Artinya, Palembang harus mempersiapkan diri secara matang untuk menyambut para tamu yang akan dari berbagai negara Asia. Maka, tidak berlebihan jika kita harus memulai untuk menjawab tantangan kemerdekaan itu dari kota ini.

Tentu, menjadi hal yang lumrah, jika Kota Palembang dapat dikatakan menjadi salah satu tolak ukur kemajuan negara Indonesia. Selain terpilih menjadi tuan rumah Asian Games, Palembang juga memiliki sejarah peradaban kuat.

Dalam banyak literatur, Palembang termasuk salah satu kota tertua di Nusantara. Hal itu seperti tertulis pada Prasasti Kedukan Bukit (1334 tahun) dan merupakan ibukota Kerajaan Sriwijaya, salah satu kekuatan besar politik dan ekonomi Asia Tenggara pada zamannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com