Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pontianak Gelar Upacara Pengibaran Bendera di Tengah Parit

Kompas.com - 17/08/2017, 14:34 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Merayakan peringatan hari kemerdekaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang digelar warga Jalan Kebangkitan Nasional Gang Bentasan 1, Kelurahan Siantan Hulu, Pontianak, Kalimantan Barat yang menggelar upacara bendera di atas parit.

Upacara bendera peringatan HUT ke 72 RI itupun dihadiri berbagai komunitas, pelajar, TNI-Polri dan didukung Pemerintah Kota Pontianak.

Ketua Komunitas Kreasi Sungai Putat, Samhudi mengatakan, upacara yang digelar tersebut mengusung tema Merdeka Negeri Ku, Merdeka Paret Ku.

Tema tersebut tak terlepas dari fungsi parit yang merupakan urat nadi kota Pontianak dan sekaligus mengkampanyekan tentang keberadaan parit, karena dinilai cukup penting untuk dipertahankan dari intervensi apa pun di kota Pontianak.

"Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di Kalbar dengan melibatkan warga secara langsung bertepatan dengan peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia," ujar Samhudi, Kamis (17/8/2017).

Baca juga: Indahnya Keberagaman pada Upacara HUT RI di Masjid Cheng Hoo Palembang

Samhudi menyebutkan, petugas yang mengibarkan bendera di dalam air adalah para petugas yang dipilih dan harus mempunyai keterampilan serta memahami bagaimana posisi harus tetap tegap sehingga upacara dapat berjalan dengan khidmat.

"Rencana ke depannya kami mengajak setiap kelurahan warganya harus mengibarkan bendera di atas parit," ujarnya.

Sementara itu, Camat Pontianak Utara, Aulia Chandra yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan upacara bendera di dalam parit ini juga sebagai bentuk motivasi bagi masyarakat setempat agar terlibat langsung dengan kegiatan yang dilaksanakan.  

"Selain itu juga untuk mengembalikan jiwa semangat kemerdekaan masyarakat lagi, mungkin selama ini yang mengikuti upacara bendera hanya dari pegawai, TNI Polri serta adik-adik siswa yang sekolah saja. Kita maunya ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat, mungkin sudah lama tidak melaksanakan upacara bendera," kata Aulia.

"Jadi kita mendekatkan upacara bendera ini ke masyarakat agar mereka mau hadir di sini," tambahnya.

Aulia menyebutkan, tujuan dari upacara di atas parit ini juga supaya masyarakat kembali mencintai parit, sehingga apabila kembali cinta kepada parit nya maka masyarakat juga tentu akan memelihara paritnya.

"Kita berusaha untuk untuk mengantisipasi permasalahan kedepannya. Kalau di daerah Pontianak Kota, Barat Selatan dan Tenggara itu permasalahan nya adalah saluran yang sudah banyak tersumbat sehingga kalau hujan deras sedikit air akan tergenang. Kita maunya di Pontianak Utara ini yang parit nya masih utuh, masih terjaga, dan masyarakat pun mau menjaganya," katanya.

Kompas TV Upacara Pengibaran Bendera di Istana Berlangsung Meriah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com