Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Peserta Upacara di Gowa Jatuh Pingsan

Kompas.com - 17/08/2017, 12:49 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Upacara peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia yang digelar di lapangan Syech Yusuf Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis, (17/8/2017), diwarnai insiden. Puluhan peserta upacara terjatuh pingsan di tengah lapangan hingga membuat petugas kesehatan kewalahan lantaran kekurangan tandu.

Upacara yang dipimpin Bupati Gowa Adnan Ihsan Yasin Limpo selaku inspektur upacara ini awalnya berjalan lancar. Puluhan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) mengibarkan bendera merah putih dengan lancar. Namun, saat merah putih mulai dikibarkan, sejumlah peserta mulai terjatuh pingsan dan harus dievakuasi ke luar lapangan oleh petugas medis.

Umumnya peserta upacara yang pingsan mengaku mengalami mual dan pusing. "Mual sama pusing padahal saya sarapan pagi sebelum berangkat ke sini," kata Mia salah seorang peserta usai dirawat.

Usai pelaksana upara. Peserta upacara disuguhi sejumlah hiburan musik tradisional seperti tari gandrang bulo yang diperagakan oleh polisi cilik yang diperagakan oleh murid sekolah dasar (SD)

Seorang veteran perang yang turut hadir dalam upacara ini berharap agar cita-cita luhur pada pejuang tidak dikhianati oleh penerus bangsa.

"Kami dulu berperang masuk hutan karena ingin keadilan dan bebas dari penjajahan, itu cita-cita kami agar mendapatkan keadilan ingat itu" kata Lemang (90).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com