Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI, Santri dan Warga di Poso Gelar Upacara Bendera di Laut

Kompas.com - 17/08/2017, 11:10 WIB
Mansur

Penulis

POSO KOMPAS.com - Puluhan santri dari yayasan panti asuhan Fadhilah Alkhaeraat Kabupaten Poso,Sulawesi Tengah pada Kamis (17/8/2017) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia di laut.

Dengan menggunakan sarung, para santri mengikuti upacara sambil berendam di air laut dengan kedalaman sekitar 70 centimeter. Selain diikuti oleh para santri, belasan warga lanjut usia dengan baju daster juga ikut mengikuti upacara.

Ustaz Syamsul Muarif yang menjadi pembina upacara, mengatakan, jumlah peserta upacara keseluruhan mencapai 100 orang,70 dari santri dan 30 orang sisanya adalah warga setempat.

Menurut dia, pelaksanaan upacara di laut tersebut, diharapkan bisa menumbuhkan rasa nasionalisme serta rasa kecintaan yang tertanam semakin dalam kepada para santri sebagai generasi penerus untuk NKRI.

"Hari ini kita sukses gelar upacara di tengah laut,diharapkan para santri sebagai generasi penerus bangsa bisa lebih memaknai arti pentingnya perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan,ini adalah momen penting untuk menimbuhkan kembali rasa nasoinalisme," kata Syamsul.

Baca juga: Sambut HUT RI, Warga Pantai Nglambor Upacara Bendera di Bawah Laut

Upacara yang berlangsung selama satu jam di laut tersebut, menjadi tontonan warga setempat yang melintas saat proses upacara bendera berlangsung.

Pemilihan lokasi laut tepatnya pantai kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Poso Kota Utara menjadi tempat upacara diyakini bisa menjadi motivasi khususnya para santri agar lebih mendekatkan diri dengan alam dalam menanamkan rasa nasionalisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com