Berita Foto: Semangat Merah Putih di Tebing Pantai Pandawa Bali

Kompas.com - 14/08/2017, 20:41 WIB
Anggota Brimob Polda Bali dan Basarnas mengibarkan Bendera Merah Putih di dinding tebing Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8/2017). Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 800 meter tersebut untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memperkuat nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17. ANTARA FOTO/Nyoman BudhianaAnggota Brimob Polda Bali dan Basarnas mengibarkan Bendera Merah Putih di dinding tebing Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8/2017). Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 800 meter tersebut untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memperkuat nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17.
EditorAmir Sodikin

MANGUPURA, KOMPAS.com – Ratusan personel gabungan Kepolisian Daerah (Polda) Bali, Badan SAR Nasional (Basarnas) Bali, pencinta alam, siswa-siswi, dan warga sekitar memadati areal tebing Pantai Pandawa, Bali, Senin (14/8/2017) sore.

Memakai atribut berwarna merah dan putih mereka membentuk formasi Merah Putih. Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, hadir dan memimpin langsung pembentangan bendera Merah Putih di tebing Pantai Pandawa.

Anggota Brimob Polda Bali dan Basarnas mengibarkan Bendera Merah Putih di dinding tebing Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8/2017). Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 800 meter tersebut untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memperkuat nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17.ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana Anggota Brimob Polda Bali dan Basarnas mengibarkan Bendera Merah Putih di dinding tebing Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8/2017). Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 800 meter tersebut untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memperkuat nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17.

Komandan Satuan Brimobda Bali, Perwakilan dari Basarnas Bali, dan seorang anggota Brimobda Bali yang menggunakan satu kaki palsu turun terlebih dahulu membawa lambang Negara RI Garuda Pancasila dan bendera Merah Putih.

Baca juga: Tempat Penyimpanan Bendera Pusaka, dari Kaca Anti-Peluru hingga Pengatur Kelembapan

Tak lama, prosesi pembentangan bendera sepanjang 400 meter tersebut dimulai oleh 78 personel gabungan dari Brimobda Bali, Basarnas, dan pencinta alam.

Seorang pecinta paralayang melintas di atas tebing saat pengibaran Bendera Merah Putih terpanjang di Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8/2017). Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 800 meter tersebut untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memperkuat nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17.ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana Seorang pecinta paralayang melintas di atas tebing saat pengibaran Bendera Merah Putih terpanjang di Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8/2017). Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 800 meter tersebut untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memperkuat nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh saya (Kapolda Bali), dilanjutkan oleh Ketua Dirlantas Polda Bali, Wakil Ketua oleh Dansat Brimob, dalam pengawasan Bapak Wakapolda,” ungkap jenderal bintang dua tersebut.

Baca juga: Anak SD di Banyuwangi Jahit Bendera Raksasa Sepanjang 25 Meter

Usai pembentangan bendera Merah Putih tersebut dilakukan pelepasan balon merah putih ke udara dan dilanjutkan dengan pemberian Piagam Rekor MURI kepada Polda Bali. Pembentangan bendera Merah Putih ini memecahkan Rekor MURI, sebagai pembentangan Merah Putih terpanjang di tebing.

Anggota polisi membentuk formasi merah putih saat pengibaran Bendera Merah Putih terpanjang di Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8/2017). Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 800 meter tersebut untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memperkuat nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17.ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana Anggota polisi membentuk formasi merah putih saat pengibaran Bendera Merah Putih terpanjang di Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8/2017). Pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 800 meter tersebut untuk memperingati HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, memperkuat nasionalisme dan sekaligus memecahkan rekor MURI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17.
Kapolda Bali pun sempat menyanyikan lagu-lagu kebangsaan bersama anggota dan pengisi acara yang memakai pakaian adat dari beberapa daerah. Pembentangan merah putih 400 meter ini akan berlangsung di tebing tersebut hingga 31 Agustus 2017. (Teks oleh Zaenal Nur Arifin, Tribun Bali. Foto-foto oleh Nyoman Budhiana, ANTARA FOTO)

Artikel ini telah tayang di Tribun Bali dengan judul asli Bendera Sepanjang 400 meter Dibentangkan di Tebing Pantai Pandawa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X