Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Idul Adha, Makassar Siapkan 10.000 Sapi Kurban

Kompas.com - 10/08/2017, 08:33 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dinas Peternakan Pemerintah Kota Makassar menyiapkan 10.000 ekor sapi kurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada hari raya Idul Adha 2017.

Sapi kurban itu didatangkan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Baca juga: Tunggu Idul Adha, Peternak Lokal Enggan Jual Sapi untuk Ramadhan

Kepala Dinas Peternakan Makassar, Rahman Bando mengatakan, 10.000 ekor sapi kurban didatangkan dari Kabupaten Gowa, Maros, Soppeng, Wajo, Barru, Sidrap dan Pinrang.

"Untuk memenuhi pasokan sapi kurban, diprediksi pedagang ternak musiman juga datang di Makassar dari kabupaten/kota lainnya. Makanya itu, kita sudah mengantisipasinya agar tidak berjualan di pinggir jalan yang dapat mengakibatkan kemacetan dan bahkan kecelakaan," kata Rahman, Kamis (10/8/2017).

Untuk mengantisipasi penyakit dari hewan menular ke manusia, Rahman memperketat pemeriksaan dengan menerjunkan tim dokter hewan baik di rumah potong hewan (RPH), pasar dan lokasi penjualan serta penyembelian hewan ternak.

"Semua hewan kuban yang masuk di Makassar diperiksa dan diberi kartu serta tanda agar diketahui layak atau tidak. Penyembelihan hewan kurban mesti memenuhi syarat, bukan hanya terkait aspek kesehatan, tapi juga syariat Islam. Toh, hewan kurban yang disembelih tidak akan sah bila tidak memenuhi persyaratan seperti hewan kurban harus cukup umur, tidak sakit dan tidak cacat serta terlalu kurus juga tidak boleh," tutupnya.

Kompas TV Ahmad disibukkan mengurus anak sapi yang baru berumur 15 hari yang hanya memiliki dua kaki bagian belakang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com