Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Guru yang Ayu dan Humoris Ini Bernama Kukira Januari

Kompas.com - 10/08/2017, 06:07 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Nama wanita ayu asal Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, ini, Kukira Januari, panggilannya Ira. Belakangan Ira menjadi buah bibir lantaran foto KTP miliknya tersebar di dunia maya.

Warganet (netizen) menganggap nama Kukira Januari sangat unik, tak lazim seperti kebanyakan nama orang pada umumnya. Ira sendiri tidak mengetahui bagaimana bisa KTPnya bisa tersebar. Dia merasa tidak pernah menggunggah kartu identitasnya itu ke media sosial sampai menghebohkan netizen.

"Saya tidak tahu siapa yang upload, tiba-tiba heboh aja," kata Ira, mengawali berbincangan dengan Kompas.com, Rabu (9/8/2017).

Ira mengakui memang benar nama aslinya Kukira Januari pemberian orangtuanya, Dwi Shaleh dan Nanik Suprapti. Meski saat lahir pada 18 Desember 1988 silam, ia diberi nama Elvira Januari. Nama depan Elvira kemudian diganti karena ternyata memilik arti yang tidak bagus.

"Kata Bulik (tante) saya, Elvira itu artinya kurang baik. Lalu disarankan untuk cari pengganti. Waktu itu saya masih Taman Kanak-Kanak (TK)," jelas Ira yang guru Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Kota Magelang itu.

Baca juga: 9 Nama Unik di Indonesia, dari "Tuhan", "Y" hingga "Andy Go To School"

Orangtuanya kemudian mengganti Elvira menjadi Kukira Januari. Nama depan tersebut dipilih karena Ira seharusnya lahir pada bulan Januari sesuai perkiraan dokter. Tapi ternyata Ira lahir bulan Desember.

"Orangtua saya cerita kalau hasil USG memperkirakan HPL (Hari Perkiraan Lahir) saya bulan Januari, eh ternyata bulan Desember sudah lahir. Nah itu lah mengapa mereka ngasih nama Kukira Januari,” ujarnya sambil terkekeh.

Alumni Jurusan Bahasa Jawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini masih merasa biasa dengan nama yang disandangnya itu. Keluarga dan teman-temannya saat Sekolah Dasar (SD) juga tidak pernah mempermasalahkan.

KTP Kukira Januari, guru Bahasa Jawa di SMK 1 Kota Magelang. Namanya yang unik menghebohkan netizen di media sosial beberapa waktu terakhir, Rabu (9/8/2017).KOMPAS.com/Ika Fitriana KTP Kukira Januari, guru Bahasa Jawa di SMK 1 Kota Magelang. Namanya yang unik menghebohkan netizen di media sosial beberapa waktu terakhir, Rabu (9/8/2017).
Ira baru merasakan hal aneh ketika setiap kali naik angkutan umum para penumpang menertawainya saat melihat nametag yang terpasang di baju seragamnya. Tidak sedikit yang berbisik, atau langsung mengatakan kalau nama saya lucu.

"Kalau saya naik angkot, penumpang itu suka cekikikan, bisik-bisik sama penumpang lain, soalnya baca nametag di seragam. Aneh saja, tapi saya cuek," kisahnya.

Sampai ketika duduk di bangku SMP dan SMA dirinya kerap menjadi bahan guyonan. Saat menempuh kuliah pun, Ira bak artis terkenal yang kerap menjadi bahan perbincangan oleh mahasiswa sampai dosen-dosen. Apalagi Ira juga dikenal aktif dan mudah bergaul dengan siapapun.

Ketika ibu satu anak ini bekerja sebagai pengajar di SMK Negeri 1 Kota Magelang ternyata masih ada ada orang maupun murid-muridnya yang bercanda.

"Kalau teman-teman awalnya pasti geli ya, tapi lama-lama sudah biasa. Kalau murid-murid juga suka bertanya, terutama kalau pas perkenalan. Tapi kadang saya bilang sama mereka 'ndak usah tanya ya' hahahaha," ucap sosok yang dikenal humoris ini.

Baca juga: Setelah Tuhan dan Saiton, Muncul Nabi di Pamekasan

Ira mengaku pernah sedih dan sempat komplain dengan orangtuanya karena sering di-bully. Apalagi di dalam keluarganya, hanya dia yang mempunyai nama unik. Nama kakak perempuannya, Devi Setyarini sedangkan adik laki-lakinya Ibnu Rasyid. Tetapi orangtuanya selalu meyakinkan bahwa nama Kukira Januari mengandung makna yang baik.

Orangtuanya juga selalu membesarkan hatinya bahwa namanya unik dan tidak ada yang sama di seluruh dunia.

“Pernah sedih kalau di-bully, tapi bapak bilang justru saya harus bangga, karena hanya ada satu nama Kukira di dunia. Saya pun diam dan menerimanya saja sampai sekarang. Kalau ada yang meledek sudah biasa saja, disenyumin aja,” tutur istri dari Marvin Novianto (27) ini.

Meski namanya unik dan lucu, Ira tidak lantas memberi nama anaknya dengan nama yang unik pula. Ia menyematkan nama Qinaa Muhammad untuk anak semata wayangnya yang saat ini masih berusia 9 bulan.

"Cukup saya saja lah. Ingat dulu saya diledek, jangan sampai anak saya mengalami juga," ujarnya.

Kompas TV Hal ini dibuktikan oleh klub bowling perempuan dari Australia yang membuat video unik soal kegiatan mereka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com