Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buwas: Meski Dipenjara, Bandar Narkoba Dibekali Banyak Uang...

Kompas.com - 08/08/2017, 17:34 WIB
Achmad Faizal

Penulis

Kompas TV Buwas: BNN Kebobolan Selundupan Sabu Lebih Besar

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso (Buwas) menyebut narapidana bandar narkoba dibekali banyak uang. Sehingga tidak jarang mereka bebas keluar masuk penjara meski berstatus narapidana.

"Meski dipenjara, para bandar dibekali banyak finansial, sehingga mereka bebas ngapain saja," kata Buwas saat menjadi pembicara dalam sosialisasi anti narkoba di kampus Universitas Negeri Pembangunan Nasional Surabaya, Selasa (8/8/2017).

Buwas mengaku, saat acara sosialisasi berlangsung, dia menerima laporan ada narapidana bandar narkoba keluar sel di Kalimantan Barat. Dia ditangkap dengan barang bukti 17 kilogram narkoba.

"Ini tugas berat bangsa Indonesia memberantas narkoba," sebutnya.

Baca juga: Buwas: Indonesia Target Pasar Narkotika Terbesar di Asia

Menurut dia, sebagian besar peredaran narkoba dikendalikan dari dalam penjara. "Itu benar, faktanya memang demikian," ucapnya.

Karena itulah, dia sempat mewacanakan para bandara narkoba yang dipenjara tidak dijaga oleh manusia, melainkan oleh binatang. Jika narapidana bandar narkoba masih dijaga manusia, menurut dia pasti integritasnya terganggu oleh tawaran bandar yang menggiurkan.

Terlepas dari itu, pihaknya menyerahkan sepenuhnya urusan narapidana kepada Kemenkumham sebagai perwakilan negara yang sama-sama punya komitmen kuat memberantas peredaran narkoba. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com