Resmi, Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Pertama di Indonesia

Kompas.com - 08/08/2017, 17:01 WIB
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meresmikan kawasan terpadu Embarkasi Haji pertama di Indonesia yang berlokasi di Palembang, Selasa (8/8/2017). Dok. Humas Pemprov SumselGubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meresmikan kawasan terpadu Embarkasi Haji pertama di Indonesia yang berlokasi di Palembang, Selasa (8/8/2017).
EditorSri Noviyanti

PALEMBANG, KOMPAS.com – Indonesia sudah memiliki kawasan terpadu Embarkasi Haji pertama. Tempat yang berlokasi di Palembang ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (8/8/2017).

Sebagai informasi, pembangunan kawasan terpadu itu sudah dimulai sejak 17 Mei 2014. Tujuan pembangunan adalah menjadi tempat bagi calon jemaah haji dan umroh di Sumsel untuk manasik sebelum menjalankan ibadah haji di tanah suci.

Saat ini, kawasan terpadu itu sudah dilengkapi ka’bah dengan skala ukuran sebenarnya, lintasan sa’i, tempat latihan melempar jumroh, mock-up pesawat. Menyusul pembangunan Museum Islam, dan hotel syariah.

Khusus untuk mock-up pesawat, ialah penerbangan jenis Airbus 320. Nantinya, para jemaah dapat belajar dalam menggunakan kamar kecil di dalam pesawat mengingat jarak dari Indonesia menuju Mekah sangat panjang.

Museum Islam dilatarbelakangi acara Islamic Solidarity Games 2013 yang diselenggarakan di provinsi tersebut.

Keberhasilan acara itu membuat Sumsel mendapatkan hadiah dari Raja Arab Saudi. Rencananya, museum tersebut dilengkapi perabotan langsung dari Arab Saudi.

Nantinya, museum akan digunakan untuk memperdalam pengetahuan  sekaligus melihat sejarah Islam.

"(Museum) akan dibangun tahun ini di sekitar Asrama Haji. Adapun Museum Sejarah Islam pertama (ada) di Mekah. Nah yang kedua (ini) ada di Palembang,” ujar Alex.

Untuk lintasan sa’i antara Bukit Safa dan Marwa sepanjang 450 meter dibuat seperti suasana lintasan sebenarnya. Interiornya pun menyerupai seperti yang ada di komplek Masjidil Haram.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengunjungi kawasan terpadu Embarkasi Haji pertama yang baru diresmikannya, Selasa (8/8/2017).Dok. Pemprov Sumsel Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengunjungi kawasan terpadu Embarkasi Haji pertama yang baru diresmikannya, Selasa (8/8/2017).
 “Sumsel satu-satunya provinsi di dunia yang memiliki kawasan terpadu embarkasi haji," kata Alex dalam sambutanya meresmikan kawasan itu.

Dalam peresmian itu, ia juga menuturkan kebanggan pada provinsi di mana ia bernaung. Katanya, ada banyak provinsi yang lebih kaya, tetapi ia bersyukur Sumsel bisa membangun fasilitas tersebut.

"Kawasan terpadu ini akan menjadi icon dan wisata religi baru di Sumsel. Ini persembahan untuk seluruh masyarakat Sumsel," tambahnya.

Karenanya, ia berharap seluruh lini masyarakat di Sumsel bisa bersatu membangun dan menjaga provinsi tersebut.

“Bagus sekali. Dengan begitu calon ejmaah haji dan umroh bisa berlatih sebelum keberangkatannya ke tanah suci dengan lebih mudah,” tambah Kepala Biro Kesra Provinsi Sumsel Ahmad Nasuhi melanjutkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X