Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Penggigit Bocah hingga Tewas Itu Pernah Juarai Kontes

Kompas.com - 07/08/2017, 16:19 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Jajaran Polres Malang Kota mengamankan seekor anjing jenis pitbull classic menyusul adanya kejadian seorang bocah meninggal akibat digigit anjing tersebut pada Minggu (6/8/2017) sore.

Anjing tersebut pernah meraih juara nasional sporting dog di Bandung sekitar empat tahun yang lalu. Anjing itu diamankan dari rumah pemiliknya di Jalan Candi Penataran, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang sesaat setelah kejadian.

Kanit K-9 Polres Malang Kota, Iptu Imam Muhson Ridho mengatakan, anjing itu diamankan supaya tidak menimbulkan korban berikutnya.

"Jangan sampai dia (anjing) melukai lagi," katanya, Senin (7/8/2017).

Dia mengatakan, anjing itu terlihat agresif saat hendak dievakuasi dari kandangnya setelah menyebabkan korban jiwa.

Baca juga: Seorang Bocah Tewas Digigit Anjing Pitbull di Malang

Imam mengaku butuh waktu dua jam untuk melakukan pendekatan terhadap anjing tersebut. Berbagai cara dilakukannya supaya membuat anjing itu tidak agresif. Salah satunya dengan memberi mainan. Namun cara itu tidak berhasil. Anjing itu baru bisa lunak setelah diberi makanan jenis sosis.

"Hampir dua jam saya pendekatan. Sekarang anjingnya baik - baik saja," katanya.

Imam mengaku tidak mengetahui secara pasti kenapa anjing itu bisa menyerang. Ia menduga anjing itu kaget sehingga merasa terancam. "Sebenarnya anjing itu tergantung jenis manusianya. Bagaimana penanganannya," ucap dia.

Saat ini, anjing itu dititipkan di salah satu pecinta anjing jenis pitbull di Kota Malang. Hal itu supaya anjing itu kembali melunak.

Sementara pemiliknya sudah tidak mau menerima anjing itu lagi. Sebab, korban tewas adalah anak dari pemilik anjing tersebut.

Ramisya Bazigha (8), seorang bocah meninggal akibat digigit anjing di bagian lehernya, Minggu (6/8/2017). Ketika itu, Sasa, biasa bocah itu dipanggil sedang bermain di rumahnya. Kemudian mainannya jatuh di dekat kandang anjing yang dipelihara oleh orang tuanya.

Sasa bermaksud mengambil mainan tersebut. Namun tiba - tiba anjing yang keluar dari kandangnya dan masih dalam posisi terikat menyerang korban. Korban digigit di bagian lehernya hingga meninggal.

Sementara keluarga dan tetangganya yang berusaha menyelamatkan korban tidak berhasil. Korban akhirnya dilarikan ke Kamar Mayat Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang.

Kompas TV Anjing Ini Dinobatkan Jadi Anjing Terjelek di Dunia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com