Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Fidelis Bertemu Kedua Anaknya di Rutan

Kompas.com - 02/08/2017, 21:12 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SANGGAU, KOMPAS.com - Suasana haru menyelimuti saat Fidelis Arie Sudewarto (36) bertemu kedua anaknya di rumah tahanan (Rutan) Klas IIB Sanggau, Rabu (2/8/2017).

Meski berusaha tersenyum dan tertawa saat bertemu Yuvensius Finito Rosewood (15) dan Samuel Finito Sumardinata (3), sesekali terlihat mata Fidelis berkaca-kaca.

Terlihat jelas wajah kecewa usai vonis majelis hakim dalam sidang putusan yang digelar di PN Sanggau, beberapa jam sebelumnya. Harapan untuk segera berkumpul dengan kedua anaknya pulang ke rumah harus kandas, lantaran majelis hakim menjatuhkan vonis delapan bulan penjara.

"Sedih, karena putusan lebih tinggi dari tuntutan jaksa," ujar Yuven, anak pertama Fidelis.

Saat persidangan, Yuven tidak bisa hadir karena sedang berlangsung kegiatan belajar mengajar di sekolahnya. Yuven yang baru duduk di bangku kelas satu SMA itu hanya bisa terdiam ketika mendapat kabar dari tantenya tentang hasil sidang.

"Tadi tante kasih tahu, putusan delapan bulan. Saya hanya diam mendengarnya, sedih," ucapnya.

Baca juga: Pengacara: Fakta Persidangan Mengatakan Fidelis Tidak Terbukti Salahgunakan Narkotika

"Dalam sidang tuntutan kemarin hanya lima bulan, tapi jadi delapan bulan, nambah tiga bulan. Menurut saya sangat berat, saya percaya ayah saya tidak bersalah. Harapannya kemarin sih bisa bebas, tapi kalau sudah begini saya serahkan kepada Tuhan," sambung Yuven.

Sementara Samuel yang baru berusia tiga tahun terlihat asyik dengan mainan mobil-mobilan yang dibawanya. Dengan tatapan manja, Samuel terlihat mengajak ayahnya itu untuk bermain mobil-mobilan.

"Liting mekuin," ujar Samuel menyebutkan nama tokoh Lighting McQueen dalam film animasi The Car saat menunjukkan sebuah mobil mainan kepada ayahnya.

Saat proses persidangan, Samuel turut hadir di pengadilan. Hanya saja ia dibawa oleh tantenya ke kantin yang ada di komplek Pengadilan tersebut. Samuel, belum paham apa yang sebenarnya sedang terjadi terhadap ayahnya itu.

"Dalam kondisi seperti ini, saya belum bisa berpikir harus bagaimana, saya harus menenangkan diri dulu, karena putusan dari hakim ternyata jauh lebih tinggi dari tuntutan jaksa," ujar Fidelis.

"Dan pasti ada sedikit kekecewaan, karena berapapun saya di vonis, itu ternyata tidak mengembalikan almarhumah istri saya," tambah dia.

Baca juga: Fidelis: Saya Kecewa...

Fidelis mengaku belum bisa memikirkan rencana ke depan terkait hasil putusan tersebut.  Yang jelas, Fidelis ingin segera kembali pulang ke rumah berkumpul bersama keluarganya.

Terlebih, sepeninggal Istrinya tepat 32 hari setelah ia ditahan, Fidelis mengaku sempat terguncang dan tidak bisa berpikir jernih.

Hampir satu jam bertemu kedua anaknya, Fidelis kemudian kembali ke dalam sel tempat ia di tahan. Sementara kedua anaknya pulang ke rumahnya bersama tante mereka.

Kompas TV  Kepada KompasTV, kakak Fidelis, Yohana Suyati mengklaim, ganja mampu membuat istri Fidelis lebih baik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com