Gunakan Pesawat Pribadi, Gubernur Aceh Pantau Kebakaran Lahan Gambut

Kompas.com - 30/07/2017, 16:37 WIB
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mendarat di Bandar Udara Cut Nyak Dhien Meulaboh, Nagan Raya, Minggu (30/07/17) setelah memantau kebakaran lahan yang tersebar di Kabupaten Aceh Barat. KOMPAS.COM/ RAJA UMARGubernur Aceh Irwandi Yusuf mendarat di Bandar Udara Cut Nyak Dhien Meulaboh, Nagan Raya, Minggu (30/07/17) setelah memantau kebakaran lahan yang tersebar di Kabupaten Aceh Barat.
|
EditorFarid Assifa

MEULABOH, KOMPAS.com - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf memantau langsung titik kebakaran lahan melalui udara dengan menggunakan pesawat pribadinya jenis Shark Aero, Minggu (30/7/2017).

Kebakaran lahan gambut tersebut tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat dan terjadi sejak dua pekan lalu.

Baca juga: Cuaca Terik, Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Meluas

Saat memantau kebakaran lahan, Irwandi ditemani Ketua DPD I Partai Golkar Aceh, TM Nurlif.

“Sejak awal kebakaran, saya mau pantau lokasi kebakaran lahan, tapi karena saya sedang ada agenda di luar, makanya baru hari ini saya kesampaian untuk melihat langsung kondisi kebakaran lahan di Aceh Barat,” kata Irwandi kepada wartawan, Minggu (30/7/17).

Menurut Irwandi, dari hasil pantauannya melalui udara, hingga kini masih ditemukan sejumlah titik yang masih mengeluarkan asap. Namun jumlahnya mulai berkurang setelah dilakukan upaya pemadaman oleh BNPB pusat dengan menggunakan dua unit helikopter dan tim pemadaman dari BPBD, TNI serta polisi melalui jalur darat.

“Hasil pantaun tadi kondisinya masih ada titik asap di sana sini, tapi sudah berkurang, apalagi setelah turun hujan pasca dilaksanakan shalat istisqa. Mudah-mudahan dengan turun hujan lagi, api benar-benar padam,” katanya.

Baca juga: Kebakaran Lahan Gambut, Kabut Asap Sampai di Lhokseumawe

Irwandi menduga, kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat itu disengaja untuk pembukaan lahan sawit baru. Sebab, dia tak percaya api dapat terpantik dengan sendirinya tanpa ada yang membakar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X