Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bangka, Jokowi Dijadwalkan Menginap di Situs Pengasingan Bung Karno

Kompas.com - 26/07/2017, 22:08 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi sejumlah situs bersejarah saat kunjungan kerja di Kepulauan Bangka Belitung. Salah satunya yang bakal disinggahi yakni pesanggerahan Menumbing yang merupakan lokasi pengasingan Bung Karno.

“Kami masih mengkaji, kemungkinan presiden bisa menginap di kawasan Menumbing itu,” kata Staf Khusus Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bambang Ari Satria, kepada Kompas.com, Rabu (26/7/2017).

Pesanggerahan Menumbing berada di puncak perbukitan Menumbing, Bangka Barat. Selain lokasi pengasingan Bung Karno, di kawasan ini juga ada Wisma Ranggam dan Museum Timah Muntok.

Rencana kunjungan presiden, sambung Bambang, telah dibicarakan Gubernur Erzaldi Rosman dengan Kepala Staf Presiden Teten Masduki saat rapat koordinasi di Jakarta. Ia memperkirakan, saat kunjungan Agustus nanti, presiden akan didampingi sejumlah menteri.

(Baca juga: Mengintip Jejak Cinta Bung Karno di Pesanggerahan Menumbing)

Selain menyambangi situs sejarah, presiden juga dijadwalkan meresmikan terminal baru Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, serta melihat pembudidayaan lada.

“Gubernur sudah meminta kepala dinas untuk menyiapkan bahan presentasi. Ada peluang investasi perkebunan, sektor maritim dan pariwisata yang bisa dikembangkan. Semuanya saling terkait,” ujar Bambang.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com