Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta NKRI, Warga Perbatasan Kibarkan 2.400 Bendera Merah Putih

Kompas.com - 26/07/2017, 16:29 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - Warga di wilayah perbatasan Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, akan mengibarkan 2.400 bendera dari titik nol hingga 12 kilometer di sepanjang tapal batas Indonesia-Malaysia.

Camat Krayan, Helmi mengatakan, pengibaran 2.500 bendera dari titik nol sepanjang garis batas negara merupakan bentuk rasa nasionalisme warga perbatasan yang masih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kita sangat cinta Indonesia, ini dalam rangka memupuk rasa nasionalisme masyarakat," ujarnya, Rabu (25/7/2017).

Baca juga: Patok Perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Krayan Dilaporkan Hilang

Selain 2.400 bendera, warga Kecamatan Krayan juga mengibarkan bendera ukuran raksasa 6 meter x 10 meter di 7 titik. Dua bendera raksasa tersebut dikibarkan di 2 bukit tertinggi di Kecamatan Krayan.

"Yang di Budug (bukit) Paris itu ketinggian 1.400 mdpl, yang di Budug Yuvais Sembaring 1.100 mdpl. Tiang benderanya dari bambu sampai kita seret karena medannya terjal," imbuh Helmi.

Hidup di wilayah perbatasan memang serba terbatas. Namun, menurut Helmi, selagi masih ada kemauan, maka keterbatasan bukan sebuah halangan. Hal ini tergambar dari tiang bendera yang digunakan untuk mengibarkan ribuan bendera dan bendera raksasa. Warga memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

"Tiang bendera raksasa kita buat dari susuan bambu yang kita ikat. Semua ini dilakukan secara gotong-royong oleh masyarakat," ucap Helmi.

Baca juga: Tunggu Lelang Subsidi Penerbangan, Kecamatan Krayan Terisolasi

Kompas TV Aksi Nyala Obor Jelang Ramadhan Jaga Keutuhan NKRI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com