Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Selfie" di Depan Pasien yang Sekarat, 2 Perawat Diberi Sanksi

Kompas.com - 25/07/2017, 11:24 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

BANGKALAN, KOMPAS.com - Aksi tidak terpuji yang dilakukan dua perawat Puskesmas Blega, Kabupaten Bangkalan, dengan berfoto selfie di depan pasien yang sedang sekarat dengan luka berlumur darah. 

Akhirnya Dinas Kesehatan Bangkalan pun menjatuhkan sanksi kepada dua perawat itu, dengan memindahkan mereka ke Dinas Kesehatan sebagai staf bagian umum dan kepegawaian.

Kepala Dinkes Bangkalan, Muzakki kepada Kompas.com mengatakan, dua perawat tersebut sudah dimintai klarifikasi terkait dengan aksi selfie di depan pasien sekarat. Mereka mengaku hal itu dilakukan mereka secara spontan karena diajak oleh temannya yang menemani pasien.

"Perawat tersebut diajak temannya berfoto selfie, jadi itu dilakukan tanpa sengaja," kata Muzakki.

Dia menyebutkan, meski pun tindakan perawat tersebut tanpa disengaja, sanksi tetap diberikan.

Baca juga: Dengan Lukisan Tiga Dimensi, Lorong Kumuh Jadi Tempat Selfie

Sanksi tersebut untuk memberikan efek jera kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun yang bukan ASN agar tidak melakukan tindakan serupa yang bisa mencederai nama baik instansi pemerintah. Apalagi ASN yang bertugas di pelayanan umum.

"Secara moral tindakan perawat itu salah meskipun tidak disengaja. Banyak tokoh masyarakat menyarankan agar di-nonjob-kan dan diberi sanksi, dan sudah kami penuhi," ujar Muzakki.

Kejadian foto selfie tersebut pada Kamis (11/5/2017) lalu saat Kepala Desa Karang Gayam, Kecamatan Blega, H. Dofir (43) mengalami luka berat setelah terlibat carok dengan Muhammad Mahdi Muzakki (17).

Dofir mengalami luka sepanjang 20 sentimeter di kepala bagian depan hingga daun telinga dan luka sayatan di lengan kanan. Dofir kemudian meninggal dunia di Puskesmas.

"Di samping karena pelanggaran etika, perawat kami pindah ke Dinkes karena situasi di Karang Gayam dan Kecamatan Blega kurang kondusif usai kejadian carok dua bulan lalu itu," kata dia.

Muzakki sendiri enggan menyebutkan identitas kedua perawat tersebut.

Baca juga: Tertangkap Basah Berbuat Mesum, TKW Ini Malah Ajak Polisi "Selfie"

Kompas TV Banyak Warga yang Mengunjungi “Bukit Selfie”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com