Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kera Serang Lima Desa di Wonogiri

Kompas.com - 21/07/2017, 18:25 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

WONOGIRI, KOMPAS.com - Sebanyak lima desa di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah diserang ratusan kera liar.  Serangan ini sudah terjadi dalam satu bulan terakhir ini.

Gerombolan kera liar turun gunung dan menjarah tanaman yang ada di kebun-kebun hingga warung-warung warga.

Adapun kelima desa itu adalah Desa Sendang, Sokoboyo, Tegiri, Gemawang, dan Slogohimo yang tersebar di empat kecamatan yakni Wonogiri Kota, Batuwarno, Slogihimo, dan Ngadirojo. 

Menurut Wahyudi, Kepala Desa Tegiri, Kecamatan Wonogiri Kota, kera liar itu awalnya menyerang di wilayah dekat dengan hutan. Namun, tiga hari terakhir ini kera-kera tersebut sudah masuk pemukiman warga dan menjarah warung warga.

"Jumlahnya ratusan, dan pernah kita usir, namun sehari berikutnya datang gerombolan kera lagi. Saat ini kondisinya tidak hanya perkebunan milik warga, tetapi sudah berani mengambil makanan di warung. Warga sudah kewalahan karena semakin hari keranya semakin banyak," kata Wahyudi, Jumat (21/7/2017).

Baca juga: Warga Dua Desa di Jember Diserang Kera Liar, 4 Orang Terluka

Dia menyebutkan, serangan juga sudah meluas di daerah yang jauh dari hutan.

"Kita coba melakukan pemetaan dan saat ini ada tiga dusun, yang lokasinya jauh dari hutan. Dan kerugian yang sementara ini sudah mencapai puluhan juta rupiah. Banyak kebun buah milik warga yang gagal panen," kata Wahyudi.

Sementara itu, warga tidak hanya tinggal diam. Segala cara dan upaya dilakukan untuk menghalau serangan kera kera liar tersebut.

Suprihadi, warga Sendang, mengatakan, sudah berusaha mengusir kawanan kera tersebut namun belum membuahkan hasil.

"Kita juga pakai jaring untuk menangkap kera kera, tapi sulit sekali. Kita sekarang menggalakkan ronda untuk setidaknya bersiaga apabila ada serangan kera," katanya.

Baca juga: Diduga Ditembak, Kera Langka Mati TerLuka di Alun-Alun Kota Kendari

Kompas TV Tradisi Unik Beri Makan Kera Ini Ada di Banyumas

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com