Polda Jabar Bakal Bubarkan Kegiatan HTI di Ruang Publik

Kompas.com - 21/07/2017, 09:30 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/3/2017). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/3/2017).
|
EditorFarid Assifa

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah resmi dibubarkan oleh pemerintah, Polda Jawa Barat bakal melakukan antisipasi kegiatan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Jawa Barat. 

"Sampai saat ini sudah ada putusan bahwa HTI dibubarkan. Jadi segala bentuk kegiatan apapun atas namakan HTI akan dilarang dan polisi tidak akan beri izin," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus di Markas Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (20/7/2017).

Baca juga: Gubernur Jatim Bangga Presiden Jokowi Berani Terbitkan Perppu Ormas

Yusri menambahkan, HTI tidak diperkenankan melakukan kegiatan di ruang- ruang publik di seluruh wilayah Jawa Barat.

Jika kedapatan melakukan kegiatan massal dengan jumlah di atas 300 orang, maka pihak polisi berhak membubarkan kegiatan tersebut.

"Kalau dia melaksanakan kegiatan pribadi di kantornya silahkan. Selama tidak masuk atau bergabung menggunakan fasilitas publik," ujarnya.

Baca juga: Wiranto: HTI Melawan Hukum Kalau Masih Beraktivitas

Meski demikian, Yusri tidak melarang kegiatan dakwah Islam yang akan dilakukan oleh tokoh-tokoh HTI. 

"Kalau hanya sepuluh orang dan membawa nama pribadi silakan. Yang dilarang badan hukumnya. Kalau pakai badan hukum, kita bubarkan," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X