Kapal Rumah Sakit Apung Dr Lie Dihantam Badai, Tim Medis Selamat

Kompas.com - 20/07/2017, 15:31 WIB
17 Tim medis kapal Rumah Sakit Apung (RSA) Dr. Lie Dharmawan berhasil dievakuasi dan saat ini berada di Ternate, Maluku Utara, Kamis (20/7/2017) KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN17 Tim medis kapal Rumah Sakit Apung (RSA) Dr. Lie Dharmawan berhasil dievakuasi dan saat ini berada di Ternate, Maluku Utara, Kamis (20/7/2017)
|
EditorCaroline Damanik

TERNATE, KOMPAS.com - Sebanyak 17 anggota tim medis kapal Rumah Sakit Apung (RSA) Dr Lie Dharmawan dievakuasi oleh Kapal Basarnas ke Ternate, Maluku Utara, Kamis (20/7/2017).

Proses evakuasi terbilang dramatis di tengah badai dan gelombang tinggi di tengah laut perairan Ternate setinggi 3 meter.

“Saat kapal tiba di lokasi, sudah ditemukan 17 tim medis berada di atas kapal tanker asal Tingkok MV. Great Song yang kebetulan melintas yang akan menuju Australia,” kata Dir Polair Polda Maluku Utara, Kombes Pol Arief Budi Winofa.

Sementara itu, 5 kru kapal masih bertahan di kapal berusaha mengeluarkan air laut dari kapal.

“Kami juga berikan bantuan berupa alcon untuk memompa air keluar, juga minta bantuan alcon dari kapal feri yang sementara melintas,” kata Dirpolair.

(Baca juga: Kapal Rumah Sakit Apung Dr Lie Dihantam Badai di Perairan Ternate)

Kapal Dr. Lie Dharmawan saat ini masih mengalami mati mesin dan dikawal kapal milik Polair Polda Malut dan TNI AL. Kapal tersebut rencananya akan kembali ke Ternate setelah melakukan pengobatan gratis di salah satu pulau di Kota Ternate.

Namun sekitar 5 jam perjalanan, tiba-tiba dihantam badai dan gelombang tinggi hingga menyebabkan air masuk ke bagian mesin dan mengakibatkan mesin mati.

“Jadi karena badai sehingga air masuk ke bagian mesin dan menyebabkan mesin mati,” kata Arif Budi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X