Rakernas Apeksi, Wali Kota Seluruh Indonesia Kumpul di Kota Malang

Kompas.com - 18/07/2017, 23:13 WIB
Sejumlah wali kota yang tergabung dalam Apeksi saat welcome dinner di Kota Malang, Selasa (18/7/2017) KOMPAS.com / Andi HartikSejumlah wali kota yang tergabung dalam Apeksi saat welcome dinner di Kota Malang, Selasa (18/7/2017)
|
EditorErlangga Djumena

MALANG, KOMPAS.com - Sejumlah Wali Kota yang tergabung dalah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonsesia (Apeksi) berkumpul di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (18/7/2018). Mereka akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-XII.

Kedatangan sejumlah wali kota itu disambut dengan welcome dinner di halaman Balai Kota Malang.

Tampak hadir dalam welcome dinner tersebut Wali Kota Tangerang Selatan yang juga Ketua Apeksi Airin Rachmi Diany, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Malang M Anton dan sejumlah wali kota serta perwakilan wali kota seluruh Indonesia.

Hadir juga Wali Kota Nonsan, Korea Selatan, Hwang Myeong Seon.

Ada sejumlah tema yang akan dibahas dalam Rakernas tersebut. Di antaranya adalah memadukan sistem kinerja di masing - masing daerah.

"Bahwa bagaimana kami bekerja secara maksimal terlepas dari apapun. ada beberapa hal di lapangan tentang regulasi aturan dan ketentuan," kata Airin selaku Ketua Apeksi.

Baca juga: Lantik Bupati dan Wali Kota, Gubernur Aceh Terbangkan Pesawat Sendiri

Selain itu, Rakernas juga akan memacu inovasi Pemerintah Kota dalam hal pembangunan. Terutama percepatan pembangunan melalui sektor swasta dan peningkatan investasi.

"Sebagai sebuah kota yang percepatan penduduk dan laju pertumbuhan ekonominya begitu besar maka kalau kita mengandalkan APBD saja kita tidak akan bisa melakukan percepatan. Tapi bagaimana kita caranya bekerja sama dengan pihak swasta," jelasnya.

Wali Kota Malang, M Anton mengungkapkan kebanggaannya karena Kota Malang bisa menjadi tuan rumah Rakernas ke-XII Apeksi. Ia berharap, Rakernas itu bisa menambah motivasi masing - masing daerah dalam meningkat kinerjanya.

"Harapannya semoga bisa memberikan rekomendasi khusus bagi daerah - daerah di Indonesia untuk kepentingan pembangunan nasional," katanya.

Anggota DPRD Kota Malang, Subur Triono mengapresasi pelaksanaan Rakernas Apeksi ke-XII di Kota Malang. Ia berharap, wali kota dan perwakilan dari Pemerintah Kota seluruh Indonesia bisa mengetahui perkembangan pembangunan di Kota Malang.

"Kita bangga Kota Malang menjadi tuan rumah. Dengan berkumpulnya wali kota se-Indonesia bisa mengetahui perkembangan pembangunan Kota Malang," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tidak tampak dalam welcome dinner tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang Nur Widianto mengatakan, Ridwan Kamil sudah mengirim perwakilannya. Sementara Tri Rismaharini masih belum memastikan perihal kehadirannya.

"Pak Ridwan Kamil sudah izin mengirim perwakilan. Ibu Risma belum hadir. Belum tahu untuk besok bisa hadir atau tidak," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X