Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Penataan Sungai, Anies Bakal Kunjungi Sungai di Yogyakarta

Kompas.com - 18/07/2017, 23:00 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan, berencana berkunjung ke sejumlah tempat di Kota Yogyakarta. Satu di antaranya Sungai Winongo di Kecamatan Ngampilan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, membenarkan adanya rencana tersebut.

Menurut dia, Anies bakal mengunjungi Sungai Winongo sebelum mendatangi rumah dinas Wali Kota Yogyakarta.

"Pak Anies ke Sungai Winongo untuk belajar penataan sungai," kata Heroe ketika berbincang dengan wartawan di Keraton Kilen, Kota Yogyakarta, Selasa (18/7/2017) malam.

Dikatakan Heroe, bukan tanpa alasan Anies belajar penataan di Sungai Winongo. Menurut dia, Sungai Winongo merupakan satu-satunya sungai di Kota Yogyakarta yang penataannya dilakukan secara mandiri.

"Penanganannya masih perawan. Artinya murni dilakukan masyarakatnya. Kalau Sungai Code itu sudah banyak yang ikut turun," tutur dia.

Baca juga: Anies Bawesdan Temui Sri Sultan HB X di Keraton

Heroe menggambarkan, di sepanjang Sungai Winongo terdapat komunitas yang anggotanya masyarakat sekitar. Masing-masing komunitas memiliki cara sendiri dalam menata Sungai Winongo.

"Jadi jembatan sampai jembatan itu ada komunitasnya untuk menata sungai. Meski berbeda cara, tapi prinsipnya sama," ucapnya.

Berdasarkan jadwal kegiatan Anies yang beredar di kalangan wartawan, rencananya Anies mengunjungi Sungai Winongo sekitar pukul 12.30 WIB. Selain mengunjungi Sungai Winongo, Anies juga akan melakukan panen raya di Kabupaten Sleman.

Anies sendiri bertemu dengan Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X di kediamannya di Keraton Kilen, Selasa (18/7/2017) malam.

Ia tiba di Keraton Kilen dengan mengendarai kendaraan berplat AB sekitar pukul 20.30 WIB. Belum diketahui pembicaraan antara Anies dan orang nomor satu di DIY itu.

Kompas TV Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, hari ini memanfaatkan momen Lebaran untuk saling bermaafan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com