Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Kulon Progo Sebut Jalan Tol Bukan Hal yang "Urgent"

Kompas.com - 18/07/2017, 19:46 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, mengatakan, wilayahnya tidak membutuhkan jalan tol. Hal itu menyusul pemerintah pusat berencana membangun sejumlah ruas tol yang akan melewati DI Yogyakarta.

Satu di antaranya tol yang menghubungkan dengan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) dengan wilayah di luar DIY.

"Akses transportasi ke arah bandara sudah banyak," ujar Hasto kepada wartawan di Hotel Inna Garuda, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Selasa (18/7/2017).

Hasto mengatakan, keberadaan jalan tol juga bakal membelah wilayahnya. Hal itu menurut dia, justru bisa menghambat mobilitas masyarakat di Kulon Progo.

"Wates itu kota kecil kalau terbelah jadi repot. Ke Kalibiru misalnya, kalau diputus tol maka muternya jauh sekali," kata Hasto.

Baca juga: Sultan HB X Tolak Pembangunan Jalan Tol di Yogyakarta

Dia mengatakan, untuk infrastruktur di wilayahnya sudah ada beberapa jalur darat yang terkoneksi dengan bandara yang rampung dibangun pada 2020 itu. Antara lain Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dengan empat jalur dan lebar 25 meter dan jalan nasional Wates-Gamping-Yogyakarta dengan enam jalur.

Selain itu, sebut dia, pelintasan kereta api double track dan jalan yang menghubungkan bandara dengan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

"Jadi (tol) bukan hal yang urgent," katanya.

Hasto menyatakan, pihaknya telah mengerjakan pelebaran JJLS yang yang tanahnya tak perlu dibebaskan. Pada 2018, kata dia, pihaknya juga akan membangun jembatan di atas Sungai Progo di muara laut sepanjang 1,4 kilometer untuk menyambung JJLS.

"Itu jalur tranpsortasi yang bisa dimanfaatkan dan biayanya lebih dari jalan tol," kata Hasto.

Meski menilai wilayahnya tak membutuhkan jalan tol, Hasto mengatakan, hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah provinsi. Pihaknya hanya bisa mengikuti program atau kebijakan yang telah ditawarkan pemerintah provinsi maupun pusat.

"Saya mengamini policy saja apa yang dari provinsi," kata Hasto.

Kompas TV Kendaraan Dialihkan, Gerbang Tol Cikarang Utama Lancar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com