Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Karam di Laut Jawa, Dua ABK Selamat Setelah Berenang 32 Mil

Kompas.com - 17/07/2017, 15:57 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Nugroho Budi Baskoro

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Sebanyak dua awak Kapal Layar Motor (KLM) Karya Bersama yang karam di Laut Jawa, 8 mil dari pantai Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah selamat setelah berenang sejauh 32 mil.

Mereka adalah Haerudin (41) nakhoda kapal itu dan Safrul Gunawan (18) anak buah kapal (ABK). Keduanya sudah berhasil dievakuasi ke daratan pada Senin (17/7/2017) pukul 09.00 WIB.

Haerudin dan Safrul meninggalkan kapalnya yang karam pada Sabtu (15/7/2017) dengan pelampung. Setelah sempat terkatung-katung di lautan hingga malam hari, keduanya berenang ke arah laut yang lebih jauh dari pantai untuk mendapatkan pertolongan dari nelayan khusus cumi-cumi.

"Jadi sebenarnya dia dari lokasi 8 mil, menyelamatkan diri berenang menuju kapal penangkap cumi sejauh 32 mil menurut keterangan mereka. Setelah itu kapal cumi mengontak kita," kata Kapolres Seruyan, AKBP Nandang Mukmin melalui sambungan telepon dari Kuala Pembuang, ibu kota Kabupaten Seruyan, Senin (17/7/2017) siang.

Baca juga: Kapal Pengangkut Material dan Sembako Diduga Karam di Perairan Seruyan

Nandang mengatakan, evakuasi menjadi lama karena tingginya ombak. Kapal-kapal tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, kepolisian, TNI, BPBD, dan masyarakat kesulitan menjangkau lokasi Kapal Voule Puna, milik masyarakat yang terlebih dahulu berhasil mengevakuasi keduannya dari kapal penangkap cumi itu.

"Dari mulai sore Sabtu, Minggu, tadi malam juga enggak reda. Baru sekitar jam 6 Senin (17/7/2017) kita merapat ke kapal yang sudah kita kirim dari pihak masyarakat (Kapal Voule Puna) untuk menjemput dia dari kapal cumi. Jadi ketemu di perairan sekitar 4 mil dengan kapal itu," ucap Nandang.

Ia menyebutkan, kondisi keduanya tidak mengalami luka. Namun mereka masih harus dievakuasi ke RSUD Kuala Pembuang karena belum bisa jalan. Kaki mereka keram akibat lama berenang di laut.

Sementara itu, nasib kedua awak kapal lainnya, yaitu Hasan Basri (50) dan Arfah (51) belum diketahui.

Baca juga: Kapal Pengangkut Sembako Karam, Dua ABK Ditemukan di Laut Jawa

Menurut Nandang, berdasarkan keterangan dari Haerudin dan Safrul, saat keduanya memutuskan berenang meninggalkan kapal yang hampir karam, Hasan dan Arfah masih di kapal.

"Memang pada saat dia mau mengajak (berenang), dua orang lainnya sudah pasrah. Tidak ikut. Waktu itu yang berdua tetap tinggal di TKP 8 mil. Karena sudah capai, faktor usia kali," ujar dia,

Kapolres Seruyan ini memastikan pencarian dua awak kapal berbahan kayu pengangkut sembako dan bahan material ini, masih terus dilakukan.

"Kita belum memutuskan berhenti, Kita masih upaya, siaga, menggali informasi maupun patroli penyisiran, sampai kita evaluasi nanti," sebutnya.

Informasi awal tenggelamnya kapal berbobot 32 ton ini berasal dari istri nakhodanya, Dawiyah yang mendapat kabar via telepon saat kapal sudah berada di 8 mil dari pantai.

Kompas TV Mantan Kapten Kapal Pesiar Ini Dihukum 16 Tahun Penjara
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com