Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Baru SD Antre Sejak Subuh demi Mendapat Meja Belajar Terdepan

Kompas.com - 17/07/2017, 08:31 WIB
Muhamad Syahri Romdhon

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com – Sejumlah orangtua siswa bersama anak-anak mereka berebut masuk kelas lebih awal di Sekolah Dasar Negeri 2 Desa Pangkalan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin pagi (17/7/2017).

Mereka berjuang untuk mendapatkan meja kursi belajar di urutan paling depan.

Mereka datang ke sekolah lebih awal. Mereka rela mengantre di depan pintu kelas yang masih terkunci.

Baca juga: Anak Mengadu Dipukul, Polisi Pukuli Siswa SD di Depan Guru

Sesaat setelah penjaga sekolah datang dan membuka pintu, seketika mereka langsung berebut menempati bangku dan meja belajar di urutan paling depan.

Sebagian orangtua juga bahkan menukar beberapa meja dan bangku yang di depan meski sudah diberi nama pada saat melakukan pendaftaran awal.

Mereka tidak ingin anaknya mendapat bangku di barisan belakang. Ada juga di antara mereka yang menukar meja bangku belajar untuk anaknya yang masih bagus, dan yang kurang baik diletakkan paling belakang.

Asmi, salah satu orangtua siswa Ibrahim Muhamad Rehan mengaku berangkat dari rumah sekitar pukul 04.45 WIB. Setelah pintu kelas dibuka, dia langsung masuk menempati barisan kedua untuk anaknya yang baru kelas satu tahun ini.

“Tidak ngantuk, dia (Rehan) bangun sejak 04.15 WIB, mandi dan langsung berangkat. Rebutan meja dan bangku belajar seperti ini sudah biasa sejak lama. Dulu adik saya, sekarang anak saya juga seperti ini,” kata Asmi mendampingi Rehan.

Tak hanya berebut bangku dan meja, Asmi bersama para orangtua dan siswa lainnya pun gotong-royong membersihkan kondisi kelas yang sangat kotor usai libur panjang. Mereka menyapu debu yang berserakan di lantai, serta mengelap meja dan bangku.

“Tidak apa-apa Mas, daripada anak saya belajar dalam kondisi kelas kotor. Kita bersihkan bersama. Biar belajar di hari pertama sekolah nyaman, sehat, dan semangat,” harap Asmi.

Baca juga: Anaknya Gagal Masuk Sekolah Negeri, Orangtua Siswa Mengadu ke DPRD NTT

Seorang penjaga sekolah yang bertugas membuka pintu pun turut senang melihat semangat mereka. Rebutan meja bangku belajar sudah menjadi tradisi turun-temurun setiap kali ajaran baru. Sebagian orangtua serta anaknya yang rumahnya jauh datang lebih awal sebelum azan subuh berkumandang.

Kompas TV Bocah SD di Wonosobo Ini Baca Puisi Untuk Presiden
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com