Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Masih Mengepul dari Sisa Belasan Kapal yang Terbakar

Kompas.com - 16/07/2017, 17:55 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

PATI, KOMPAS.com - Hingga Minggu (16/7/2017) sore asap masih mengepul dari arang-arang sisa belasan kapal yang terbakar di alur sungai Silugonggo, Desa Bakaran, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (16/7/2017).

"Hingga sore ini bersisa arang yang berasap dari satu kapal. Dipekirakan hingga malam ini selesai asapnya. Belasan kapal ludes tinggal arang. Tidak ada korban jiwa. Namun tiga menderita luka bakar,"  kata Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Juwana, Pati, Jawa Tengah, Edi Sukisno kepada Kompas.com.

Menurut Edi, saat ini kondisi di lokasi kebakaran dipastikan aman. Tidak ada kapal lain yang diperbolehkan mendekat maupun bersandar.

"Untuk menghindari kebakaran kapal, lokasi kami sterilkan," ucap Edi.

Kebakaran yang terjadi sejak kemarin siang di utara pulau Seprapat ini telah meluluhlantahkan belasan kapal nelayan berukuran di bawah 100 Gross Ton (GT) tersebut.

Baca juga: Sulit Dipadamkan, Kebakaran Kapal di Juwana Berlangsung Lama

 

Warga dan petugas terpaksa menghentikan upaya pemadaman manual yang dilakukan sebelumnya karena dikhawatirkan terjadi ledakan. Mereka pun akhirnya hanya bisa memantau proses pendinginan material kapal yang hangus dengan sendirinya. Hiingga Minggu pagi masih terdapat titik api yang menyala di kapal.

"Petugas dan warga saat ini masih menunggu di lokasi. Ukuran kapal terbakar bervariasi, maksimal belasan meter panjangnya. 14 kapal hangus. Pemadaman manual dihentikan karena dikhawatirkan bahan bakarnya memicu peledakan. Semua demi keselamatan," katanya.

Kompas TV 5 Korban Tewas Kebakaran Kapal Mutiara Teridentifikasi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com