Kisah Nenek 89 Tahun Terjebak dalam Kebakaran Selama 1 Jam karena Dikurung di Rumah

Kompas.com - 12/07/2017, 12:05 WIB
Nek Nurjani (90) dirawat di Rumah Sakit Umum Djasamen Saragih pascakebakaran lima rumah di Jalan Lokomotif Pematangsiantar, Senin (10/7/2017). Tribun Medan/DedyNek Nurjani (90) dirawat di Rumah Sakit Umum Djasamen Saragih pascakebakaran lima rumah di Jalan Lokomotif Pematangsiantar, Senin (10/7/2017).
EditorCaroline Damanik

SIANTAR, KOMPAS.com - Nenek Nurjani Sikumbang (89) lemas saat digendong polisi dan Satpol PP setelah dirinya terjebak di dalam kobaran api selama kurang lebih satu jam dalam kebakaran yang menghanguskan lima rumah di Jalan Lokomotif Kelurahan Melayu, Siantar Utara, Senin (10/7/2017) siang.

Perempuan yang kerap disapa Nek Jani itu awalnya dikira warga sudah dievakuasi keluar dari rumah Padri Sikumbang yang terbakar saat proses pemadaman. Namun, ternyata dia belum dievakuasi.

Nek Jani baru ditemukan dan dievakuasi keluar rumah sekitar pukul 15.25 WIB atau sekitar satu jam setelah kebakaran. Kondisinya yang sebelumnya sudah lemah dan sulit berjalan membuat Nek Jani tak bisa keluar sendiri dari rumah.

Nenek renta ini ditemukan di kamar mandi dan langsung digendong seorang anggota Babinkamtibmas Polres Siantar bermarga Sembiring dibantu Satpol PP bernama Simsim Sitohang.

"Nenek itu kami temukan berada di kamar mandi. Kondisinya kena luka bakar juga," kata Sembiring.

(Baca juga: Mbah Parni, Nenek yang Mengaku Berusia 117 Tahun di Kulon Progo)

Saat dievakuasi, kondisi Nek Jani penuh bekas luka bakar di bagian paha, leher dan lengan dan dahinya. Nek Jani selamat dan kini dirawat intenaif di RSUD Djasamen Saragih.

"Nenek itu lalu dibawa ke RSU Djasamen Saragih. Kondisinya sudah lemah dan terpaksa digendong untuk menyelamatkannya. Sekarang sudah dirawat intensif," kata Danton Romeo Pemadam Kebakaran Pemko Siantar, Rens Sitompul.

"Tadi nenek itu ditolong orang warga dibantu pihak Damkar. Kondisinya selamat, tapi sempat terbakar nenek itu ada di paha dan lengannya juga," kata pihak keluarga.

Dokter RSU Djasamen Saragih, dr Leo Lumbangaol mengatakan, tubuh Nek Jani mengalami luka bakar sekitar 50 persen.

Sebelumnya, cucu Nek Jani, VS, menyebutkan bahwa neneknya sudah pikun dan kerap pergi meninggalkan rumah namun tak ingat jalan pulang. VS lalu menuturkan, keluarganya terpaksa mengurung Nek Jani d‎i dalam rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X