Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Menjaga Edelweis dari Kepunahan

Kompas.com - 08/07/2017, 22:47 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Tanaman edelweis yang ada di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur itu mekar sempurna, Jumat (7/7/2017). Bunganya yang berwarna putih melambai ditiup angin kawasan Gunung Bromo.

Edelweis yang dikenal dengan bunga keabadiaan itu sengaja ditanam di dekat pemukiman warga.

Hal itu bertujuan untuk pembudidayaan. Sebab, populasi bunga edelweis yang ada di dalam hutan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terus menyusut karena selalu dicari oleh warga.

TNBTS pun berupaya melestarikan bunga tersebut dengan membudidayakannya. Harapannya, warga Tengger yang ada di lereng Gunung Bromo dan Semeru bisa ikut membudidayakan bunga tersebut.

"Pelatihan untuk warga Suku Tengger sudah kita lakukan untuk membudidayakan bibitnya," kata Kepala TNBTS, John Kennedie.

Baca juga: Eksotika Bromo, Tatkala Seni Budaya dan Alam Bersatu

Edelweis merupakan tumbuhan dilindungi yang hanya bisa hidup di kawasan setinggi di atas 2.000 meter dari permukaan laut (mdpl).

Bagi warga Suku Tengger, edelweis merupakan kebutuhan rutin saat melaksanakan ritual peribadatan.

Bunga tersebut harus ada dalam setiap sesaji yang dipersembahkannya. Mereka menyebut edelweis dengan Tana Layu, dari bahasa sansekerta yang artinya tidak layu.

Oleh karena itu, selain dicari karena memiliki nilai ekonomis, edelweis juga dicari untuk kebutuhan ritual warga Suku Tengger yang mayoritas Hindu.

Namun, upaya petugas TNBTS untuk membudidayakan edelweis masih menemui kendala. Warga Suku Tengger yang diharapkan bisa menjadi penggerak budidaya edelweis itu belum menyadari pentingnya membudidayakan edelweis.

"Kita belum berhasil menemukan masyarakat yang cocok untuk membudidayakan," kata Penyuluh Kehutanan pada TNBTS, Birama Terang Radityo.

Baca juga: Selama 8 Hari, Tarpin Jalan Mundur ke Puncak Bromo dan Mahameru

Namun demikian, sudah ada sebagian warga yang mau membudidayakan edelweis. Seperti warga Suku Tengger di Desa Wonokitri, Kabupaten Pasuruan dan Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo.

Ada tiga jenis edelweis yang tumbuh di hutan TNBTS. Yakni Anaphalis javanica, Anaphalis viscida, dan Anaphalis longifolia.  Ketiga jenis ini tidak memerlukan perawatan yang intens.

"Perawatannya tidak terlalu susah. Sebenarnya tidak dirawat pun hidup. Kalau hanya untuk kebutuhan sehari - hari tidak usah dipupuk. Kalau untuk wisata harus dirawat," katanya.

Petugas TNBTS sudah menyebar 1.000 bibit edelweis kepada warga Suku Tengger. Bahkan TNBTS sudah mencanangkan Desa Wisata Edelweis untuk kebutuhan pembudidayaan tersebut.

Kompas TV Buat Anda yang bingung ingin menghabiskan libur Lebaran di mana, tak ada salahnya jika anda berwisata ke puncak B29 di Lumajang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com