Getaran Tektonik Kawah Sileri Nihil, Radius Aman Masih 100 Meter

Kompas.com - 03/07/2017, 20:49 WIB
Seorang warga menunjukkan lokasi  Kawah Sileri, di komplek dataran tinggi Dieng yang mengeluarkan aktifitas letupan freatik, Minggu (2/7/2017) siang KOMPAS.com/M Iqbal FahmiSeorang warga menunjukkan lokasi Kawah Sileri, di komplek dataran tinggi Dieng yang mengeluarkan aktifitas letupan freatik, Minggu (2/7/2017) siang
|
EditorReni Susanti

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Hingga Senin (3/7/2017) petang, aktivitas getaran di Kawah Sileri, Desa Kepakisan, kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah terpantau nihil.

Seismograf yang berada di pos pantau Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dieng, sudah tak menunjukkan sinyal gerakan yang berarti.

Kepala Pos Pantau Gunung Api PVMBG Dieng, Surip mengatakan, meski sudah tak ada gerakan, pihaknya belum menarik rekomendasi radius 100 meter di sekitar lokasi kawah Sileri.

"Belum kami tarik, masih 100 meter, dan tim kami masih terus melakukan pantauan manual terkait gas dan suhu kawah secara periodik setiap enam jam sekali," ucapnya.

(Baca juga: Gempa Tektonik Lokal Masih Terjadi Pasca-Semburan Lumpur Kawah Sileri)

 

Surip mengungkapkan, hambatan yang saat ini dihadapi oleh tim-nya yakni rusaknya sejumlah peralatan untuk pemantauan kondisi kawah Sileri secara real time. "Multi gas reader dan alat pemantau suhu di Sileri sudah rusak, tadi baru saja diangkat dari dalam kawah," tuturnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X