Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Hitam Heli Basarnas yang Jatuh di Temanggung Ditemukan

Kompas.com - 03/07/2017, 10:18 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Kotak hitam atau black box dari helikopter HR 3602 milik Basarnas yang jatuh di Temangggung, Minggu (2/7/2017), sudah ditemukan. Kotak hitam akan dibuka untuk mengetahui penyebab terjadinya insiden kecelakaan itu.

Black box sudah diamankan Basarnas,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Senin (3/7/2017).

Kotak hitam itu nantinya akan dibuka oleh ahlinya. Menurut Condro, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang nantinya akan mengumumkan hasil temuannya.

Delapan jenazah penumpang heli itu sudah diangkat. Empat orang adalah pilot dan kru pilot heli sedangkan sisanya personel dari Kantor Basarnas Semarang.

“Malam ini, tim bekerja, DVI lakukan identifikasi. Besok mudah-mudahan sudah selesai, termasuk mengumpulkan data dari jenazah,” kata Condro.

(Baca juga: 8 Penumpang Helikopter Basarnas yang Jatuh Ditemukan Tewas)

Helikopter HR 3602 jatuh di menabrak tebing Gunung Butak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Heli berwarna oranye tersebut sebelumnya disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Heli tersebut lalu diinstruksikan bertolak ke Banjarnegara untuk membantu proses evakuasi korban letusan Kawah Sileri di kawasan Dieng.

 

Kompas TV Sebuah helikopter milik Badan SAR Nasional jatuh di area perbukitan Desa Canggal Bulu, Temanggung, Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com