Kawah Sileri Dieng Meletus, Lokasi Wisata Ditutup

Kompas.com - 02/07/2017, 15:31 WIB
Kawah Sileri Dieng, Jawa Tengah, meletus Minggu (2/7/2017). Akun twitter @sarwapramanaKawah Sileri Dieng, Jawa Tengah, meletus Minggu (2/7/2017).
|
EditorDian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawah Sileri yang berada kawasan wisata pegunungan Dieng, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah meletus sekitar pukul 12.00 WIB, Minggu (2/7/2017).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, 17 wisatawan mengalami luka-luka. Atas kejadian tersebut, lokasi wisata juga telah ditutup untuk umum.

"Pengunjung maupun warga diminta untuk meninggalkan lokasi dan untuk area kawah sudah dikosongkan. Kejadian tersebut berpotensi akan menimbulkan letupan susulan," tulis Sutopo melalui keterangan tertulisnya.

Baca: Kawah Sileri Dieng Semburkan Lumpur 200 Meter, 10 Orang Luka-luka

Sutopo menjelaskan, letusan tersebut disertai lahar dingin, lumpur dan asap mencapai 50 meter. Letusan mengenai sejumlah wisatawan yang berada di sekitar Kawah Sileri.

"Berdasarkan laporan sementara dari BPBD Banjarnegara, saat terjadi letusan terdapat 17 orang pengunjung atau wisatawan," kata Sutopo.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X