Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Minta "Rest Area" di Jalan Tol Akomodasi UMKM dan Pedagang Lokal

Kompas.com - 01/07/2017, 21:44 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut dapat keluhan dari pedagang oleh-oleh dan pelaku UMKM terkait penurunan pendapatan mereka.

Para pedagang resah lantaran omzet mereka turun. Salah satu faktornya karena pembangunan jalan tol.

"Pedagang batik dan telur asin di Pantura banyak mengeluh omzetnya turun," kata Ganjar, di Semarang, Sabtu (1/7/2017).

Menurut Ganjar, para pedagang mengeluhkan sepinya dagangan mereka karena adanya pembangunan jalan tol. Pihak pengelola jalan tol diminta untuk mengakomodasi pedagang lokal untuk menampilkan dagangnya mereka di tempat peristirahatan atau rest area.

"Kalau bisa jualan di rest area mungkin akan membantu mereka. Saya sudah usulkan ke menteri PU karena ini kompensasi kita pada masyarakat," tambahnya.

Pedagang, kata dia, perlu diberikan dukungan untuk dapat masuk di rest area. Jika mereka harus bersaing dengan retail besar, pedagang kecil tentunya akan kalah bersaing.

Baca: Arus Balik, "Rest Area" di Sepanjang Jalan Tol Pakai Sistem Buka-Tutup

Ganjar pun berharap pemerintah daerah tingkat kota dan kabupaten dapat menerbitkan regulasi yang mengatur porsi dagangan rest area. Produk lokal dan pelaku UMKM harus mendapat tempat di rest area.

"Pemda bisa atur pakai regulasi, misalnya 30 persen untuk pedagang dan UMKM kan bisa. Sewa di rest area juga tidak boleh mahal," ujarnya.

Ganjar pun berharap rest area di jalan tol dapat didesain menjadi tempat wisata. Dengan begitu, akan banyak pengendara yang melintas dan harapannya dapat menggiatkan perekonomian.

Kompas TV Rest Area di Jalan Darurat Pemalang-Batang Tak Layak
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com