Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Tinggi di Pantai Selatan, Wisatawan Diminta Lebih Hati-hati

Kompas.com - 30/06/2017, 13:07 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan gelombang tinggi di sekitar perairan Selatan Jawa Tengah.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, gelombang setinggi 2,5–4 meter diperkirakan akan terjadi di sepanjang perairan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta sejak Jumat (30/6/2017) hingga Sabtu (1/7/2017).

Untuk itu, pihaknya mengimbau wisatawan yang memiliki agenda rekreasi ke Pantai Selatan lebih berhati-hati.

Tak hanya wisatawan, petugas jaga di obyek wisata pantai pun diminta lebih waspada dan tidak lelah mengingatkan para pengunjung agar tidak berenang terlalu jauh dari bibir pantai. Apalagi sepanjang libur Lebaran, jumlah pengunjung membludak.

(Baca juga: Waspada, Sudah 6 Orang Terseret Ombak di Pantai Selatan Gunungkidul)

“Kepada wisatawan dan petugas jaga diharap untuk lebih waspada, sebab gelombang tinggi bisa datang sewaktu-waktu," imbuhnya.

Sementara itu, untuk para pemudik yang hendak memulai perjalanan hari ini, BMKG memperkirakan cuaca untuk wilayah Selatan umumnya berawan. Angin berhembus dari arah Timur Laut ke Tenggara dengan kecepatan 3-15 knot.

“Hujan disertai angin masih mungkin terjadi di wilayah jalur Selatan. Pemudik diimbau untuk waspadai jalan yang licin ketika hujan,” ujarnya.

Kompas TV Korban ledakan kapal jukung dan SPBU terapung yang terjadi di Kabupaten Banyuasin, Selasa (16/5) bertambah jadi dua orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com